oleh

Naik Status, Polda Sultra jadi Polda Tipe A

Reporter: Muh. Ardiansyah R / Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Markas Besar (Mabes) Polri mengeluarkan Surat Telegram Nomor 1189 tahun 2020 penaikan tipe tujuh Polda dari B ke A. Kenaikan tipe tersebut berdasarkan pertimbangan wilayah yang luas dan tingkat kriminalitas yang tinggi.

Melalui Kabid Humas Polda, AKBP. La Ode Proyek mengatakan ketujuh Polda itu terdiri Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) Sulawesi Barat (Sulbar), Kalimantan Utara, Bangka Belitung, Gorontalo, Maluku Utara, dan Papua Barat.

“Telegramnya itu sudah turun dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bersama enam Polda lainnya, dan untuk Polda Sultra urutan pertama dari Surat Telegram itu,” ucap Kabid Humas saat ditemui diruang kerjannya, Senin 20 April 2020.

Kata La Ode Proyek, pimpinan di tujuh Polda akan mendapatkan kenaikan pangkat dari Brigjen Jenderal (Brigjen) menjadi Inspektur Jenderal (Irjen).

“Masih Kapolda Sultra yang menjabat tanpa ada pergantian, pada saat pengukuhan dijabat dengan pangkat bintang dua yang sebelumnya bintang satu,” jelasnya.

Ia juga mengaku pengukuhan tersebut belum ditau kapan, pastinya kurung waktu seminggu pengukuhan akan diselenggarakan di Jakarta.

“Kita bisa doakan lebih cepat tanpa halangan lancar dalam pelaksanaan pengukuhan, dan itu kalau tidak ada perubahan. Apalagi sekang kondisi tidak menentu, bisa saja maju dan bisa saja mundur,” ujarnya.

Terkini