Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH, menandatangani kerjasama Memorandum of Understanding (MOU) dengan Rektor Universitas Rhode Island (URI). Foto : Dinas Kominfo Sultra

Gubernur Sultra dan Rektor Universitas Rhode Island Teken MoU, Sepakati 11 Item Kerjasama

Redaksi

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Rektor Universitas Rhode Island (URI), Prof. David Dooley di Amerika Serikat.

MoU tersebut menyepakati 11 item kerja sama antara universitas tersebut dan Pemerintah Provinsi Sultra yang meliputi bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia hingga konservasi.

Gubernur Sultra, Ali Mazi melalu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sultra, Soekanto Toding menjelaskan, pihaknya berterimakasih atas sambutan pihak universitas.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan lawatan sebagai kunjugan balasan Presiden URI ke Pemda Sultra, pada Januari Tahun 2018 lalu.

“Universitas Rhode Island telah memiliki sejarah yang panjang di bidang pengembangan ilmu pengetahuan, khusunya sebagai salah satu universitas di Amerika,” kata Ali Mazi dalam rilisnya pada mediakendari.com melalui Balitbang Sultra.

Tidak hanya itu, kata Ali Mazi, URI juga telah memiliki pengalaman kerjasama yang luas, dengan pemerintah Indonesia, baik dengan sesama mitra perguruan tinggi maupun dengan pemerintah pusat dan daerah di seluruh dunia.

“Hari ini adalah suatu kebahagian yang spesial bagi kami, sebagai salah satu pemerintah daerah di Indonesia, yang bisa menjajaki kerangka kerjasama dengan sebuah universitas utama di Amerika Serikat,” tambahnya.

Adapun detail agenda yang akan dikerjasamakan yakni: Pendidikan akademik dalam program-program gelar Universitas, Pelatihan jangka pendek oleh dosen dan peneliti Universitas, Pendaftaran mahasiswa-mahasiwa Sulawesi Tenggara pada program tingkat sarjana dan/atau pasca sarjana.

Baca Juga:

Selanjutnya, Kegiatan-kegiatan penelitian oleh dosen dan peneliti Universitas, Keikutsertaan dalam seminar-seminar dan pertemuan-pertemuan akademik, Program-program akademik jangka pendek khusus,

Selain itu, Konsultasi-konsultasi dan lokakarya – lokakarya penyuluhan, Proyek-proyek pengembangan staf Pemerintah Daerah, Pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia bidang perpustakaan dan kesehatan daerah Sulawesi Tenggara.

Kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan keanekaragaman hayati (biodiversity) dan keberlanjutan (sustainability) dan konservasi terutama bidang pertambangan dan perikanan dan kelautan di Sulawesi Tenggara.

Konservasi keanekaragaman hayati (biodiversity) dalam kemitraan bersama dengan Taman Nasional Rawa Aopa, termasuk untuk perlindungan Kura-Kura Kotak Asia Tenggara (Cuora amboinensis) yang diakui sebagai warisan alam Sulawesi Tenggara.

Penandatanganan MoU ini disaksikan tiga Kepala Daerah yakni Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, dan 3 Organisasi Pemerintah Daerah, Yakni Kepala Bappeda, Kabalitbang dan Kabid Ciptakarya.

Sedangkan dari Pihak Universitas Rhode Island, ikut menyaksikan, Dekan Fakultas Kedokteran dan Keperawatan, Prof Barbara Wolfe, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Prof Gary Ligouri, Dekan/Direktur Perpustastakaan, Prof Karim Boughida dan beberapa guru besar di bidang Geosains, Inovasi dan Kewirausahaan dan Ketua Yayasan Pengembangan Universitas, Katherine Flynn.

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe