oleh

OJK Dorong Pengembangan Ekosistem Digital Untuk Perluas Akses Pembiayaan UMKM

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menginisiasi berbagai terobosan pengembangan ekosistem berbasis digital, untuk memperluas akses pembiayaan bagi pengusaha UMKM.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD), Kamis 10 Desember 2020 secara virtual.

Menurutnya, inisiasi dan upaya yang akan dilakukan yakni melalui pengembangan aplikasi, dengan mencontoh program serupa yang telah sukses seperti KURBali, Bank Wakaf Mikro (BWM) dan UMKM Digital.

Melalui siaran pers yang diterima MEDIAKENDARI.com, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan keseluruhan upaya ini dikoordinasikan TPKAD di tiap daerah.

Dijelaskannya juga, sejalan dengan harapan Presiden Jokowi, untuk peningkatan akses kauangan daerah, telah diluncurkan Roadmap TPAKD 2021-2025 yang memuat strategi dan arah TPAKD untuk lima tahun ke depan.

Wimboh menjelaskan, roadmap ini disusun bersama OJK, Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan didukung Asian Development Bank (ADB).

“Sesuai tujuan awal TPAKD, maka roadmap TPAKD mengutamakan sinergi berbagai pihak terkait dalam meningkatkan ketersediaan berbagai produk, serta layanan keuangan formal secara konsisten untuk mendorong peningkatan produktifitas ekonomi masyarakat,” tutupnya. /B

Terkini