Iklan PDI-P

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga (berdiri, baju putih) membuka Porseni Kabupaten Konawe Selatan. Foto : Erlin/Mediakendari.com/A

Pemdes Andoolo Bawa “Kapal Perang” di Pawai Porseni HUT RI ke -74

Reporter : Erlin
Editor : Kang Upi

Iklan PT Luwu

ANDOOLO – Sebuah “Kapal Perang” milik TNI Angkatan Laut bernama KRI 74 unjuk kebolehan di Perayaan Pembukaan HUT RI Ke 74 di Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Kapal bercat abu-abu dengan moncong senjata canon berwarna merah marun, menampakan kegagahannya. Dan kehadirannya pun sontak menjadi perhatian warga.

Kapal ini bukanlah kapal sungguhan, melainkan miniatur Kapal Perang yang dibuat dari bahan kayu hasil kreasi Pemerintah Desa Andoolo untuk meramaikan pawai pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) di Lapangan Andoolo Senin (12/8/2019).

Kades Andoolo, Zainal Silondae menjelaskan, selain miniatur kapal perang milik TNI AL, peserta pawai dari wilayahnya juga diminta memakai kostum ala pejuang seperti, Polisi,TNI dan masyarakat juga menenteng senjata mainan.

“Tahun lalu, kami menampilkan miniatur Tank. Hari ini kapal perang AL, dan kedepan kalau masih umur panjang akan kami tampilkan lagi yang baru yang beda dari sebelumnya,” jelasnya.

Zainal juga menjelaskan, Desa Andoolo memang berusaha menampilkan yang lebih menarik dan berbeda dari desa lainya. “Semoga kedepan Desa Andoolo dapat menampilakan yang lebih menarik yang beda dengan Desa lainnya,” ujarnya.

Pawai Pembukaan Porseni tingkat Kabupaten Konawe Selatan. Foto : Erlin/Mediakendari.com/A

Sementara itu, Camat Andoolo A.Makmur Silondae menjelaskan, untuk tema pawai tahun ini yakni Pejuang 45 seperti tahun sebelumnya, yang diputuskan berdasarkan hasil rapat para Kades.

Dengan tema ini, kata Makmur, dirinya berharap dapat memberi inspirasi dan motivasi masyarakat Kecamatan Andoolo, untuk mengambil pelajaran dari para penjuang.

” HUT RI kita jadikan momen untuk menampilakan para pejuang bersenjata bambu runcing dan juga kendaraan perang milik Indonesia saat merebut Kemerdekaan RI,” jelasnya.

Hadir untuk membuka Porseni, Bupati Konsel Surunuddin Dangga dalam sambutannya menjelaskan bahwa dirinya mengapresiasi antusiasme peserta karnaval yang menampilkan teatrikal kostum pejuang 45.

Untuk itu, kata Surunuddin, dirinya mengajak para peserta pawai untuk untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

BACA JUGA :

“Anak bangsa di Konsel kini saatnya untuk berjuang melakukan peningkatan baik itu dibidang pendidikan maupun dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Desa Andoolo menampilkan kapal perang pada pawai karnaval HUT RI ke-74 (Foto : Erlin/Mediakendari.com/A)

Surunuddin juga mengajak para peserta dan atlit yang mengikuti Porseni agar menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang silahturahmi.

“Saya minta ini dijadikan ajang silahturahmi untuk mempertemukan kita dalam pentas olahraga dan kesenian, dengan menjunjung tinggi jiwa sportifitas,” pungkasnya.

Pawai juga diikuti ribuan peserta dari delapan desa dan dua kelurahan se Konsel serta murid PAUD, SD, SMP dan SMA se Kecamatan Andoolo. (B)

Iklan Lapas konawe

Iklan Damri
error: Content is protected !!