oleh

Organisasi Hippton Resmi Dikukuhkan, Ini Tujuannya

-NEWS-298 dibaca

Penulis: Ardilan

BAUBAU – Samsu Umar Abdul Samiun mengukuhkan organisasi Himpunan Pemuda dan Perempuan Kepulauan Buton (Hippton) di gedung Pancasila, Sabtu 13 Maret 2021.

Sebagai Dewan Pembina, pria yang akrab disapa Umar Samiun ini mengungkapkan kehadiran Hippton diharapkan menjadi semangat untuk mendukung dan mendorong pemekaran Kepulauan Buton sebagai provinsi sendiri.

“Dengan hadirnya organisasi Hippton, semoga membantu memekarkan Kepton. Saya yakin Provinsi Kepton ini akan lama lagi (Mekar),” kata Samsu Umar Abdul Samiun dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Hippton terlantik, Lia Umar Samiun mengatakan tujuan dibentuknya Hippton selain untuk membantu pemekaran Provinsi Kepton juga menjadi lembaga sosial untuk membantu bila terjadi musibah yang juga memiliki multi fungsi.

Lia menjelaskan multi fungsi dimaksud yaitu Hippton terbagi atas sejumlah bidang diantaranya bidang Keagamaan, minat dan bakat, ekonomi kreatif, kesehatan, hukum, bidang informatika serta seni budaya.

“Kita bisa membantu masyarakat yang mengalami bencana. Kita akan kembangkan minat dan bakat akan anak-anak kita yang ada di Kepulauan Buton seperti penyanyi yang suaranya tidak kalah dengan penyanyi lainnya. Tadi sudah kita dengar dan lihat. Kita juga ada ekonomi kreatif itu kita berdayakan perempuan yang punya kreatifitas untuk membantu suami kita memberi rezeki. Bidang informatika kita butuh media (Pers). Kita tidak akan berkembang kalau tidak ada kabar yang menyuarakan kita. Seni budaya kebetulan pak Dewan Pembina, beliau (Umar Samiun) penggiat budaya. Kita kembangkan kebudayaan Buton,” katanya.

Sekretaris Umum (Sekum) Hippton, La Ode Sabaruddin menambahkan pasca dilantik pihaknya akan segera menyusun program kerja. Bersama Ketum, ia mengaku pihaknya juga akan membentuk kepengurusan di semua yang cakupan Kepton seperti Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara dan Wakatobi.

“Enam daerah menjadi prioritas kami untuk pembentukannya (Pengurus daerah) dari Kabupaten, Kecamatan sampai tingkat desa. Untuk itu, ibu Ketum akan merencanakan kapan pelaksanaannya,” ujarnya.

Ia menyebut, anggota Hippton yang dilantik berjumlah sebanyak antara 170 sampai 180 orang yang terdiri dari Ketum, Wakil Ketum, Sekum, Wakil Sekum, Bendahara dan Wakil Bendahara serta para Ketua Bidang atau Koordinator Bidang bersama masing-masing anggotanya.

Terkini