oleh

PAD 2019, Dinkes Buton Tengah Capai Rp 1 Miliar

Reporter: Syaud Al Faisal
Editor : Taya

LAHUNGKARI – Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Tengah pada Tahun Anggaran 2019 berhasil meningkatkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Kesehatan, Kasman mengatakan secara keseluruhan realisasi PAD 2019 mencapai target bahkan melebihi.

“Realisasi PAD Dinas Kesehatan tahun 2019 melebihi target hingga Rp 1 Miliar lebih, awal target kami hanya sebesar 700 juta,” bebernya.

Kasman menjelaskan sumber pendapatan tersebut dibagi menjadi dua kategori retribusi, yakni retribusi umum dan retribusi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Ada yang berobat jalur umum ada pula memakai jalur jasa non kapitasi artinya harusnya dia bernilai uang tapi karena dia dijamin oleh BPJS maka dia tercatat oleh BPJS tapi kalau dikalkulasi pendapatan umum dan dana non kapitasi tersebut, jumlahnya melebihi Rp 1 Milyar,” jelasnya.

Kasman menuturkan pihaknya mengelola 14 Pusat Kesehatan Masyarakat di tujuh kecamatan. Kata dia, penyumbang terbesar adalah Puskesman Kecamatan Mawasangka Tengah.

“Penyumbang terbesar dari 14 puskesmas tersebut, ada di Kecamatan Mawasangka Tengah yang kebanyakan soal biaya persalinan,” pungkasnya

Terkini