EKONOMI & BISNISKendari

Pangdam XIV Hasanuddin Bantu Modal Usaha Untuk Ribuan UMKM di Kendari

463
×

Pangdam XIV Hasanuddin Bantu Modal Usaha Untuk Ribuan UMKM di Kendari

Sebarkan artikel ini
Pangdam Mayjen Andi Sumangerukka
Penyerahan bantuan dari Pangdam Mayjen Andi Sumangerukka. (Foto: Ist)

Pangdam XIV Hasanuddin Bantu Modal Usaha Untuk Ribuan UMKM di Kendari

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyalurkan bantuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak pandemi di Kota Kendari.

Dalam pemberian bantuan yang dilakukan di Makorem 143/HO, Senin 24 Agustus 2020, sebanyak 1000 pelaku UMKM mendapatkan bantuan Rp 2 juta tiap usahanya.

Dalam sambutannya, Mayjen Andi Sumangerukka menjelaskan sebelumnya, dirinya juga telah menyalurkan bantuan yang sama untuk pelaku UMKM di Sulsel. Dan sekarang giliran di Sultra.

Mantan Kabinda Sultra ini juga menegaskan, dirinya akan terus memberikan bantuan serupa kepada para pelaku UMKM lainnya di Sultra. “Kalau sekarang 1000 kita berharap minggu depan bisa 2000 atau 3000,” tegasnya.

Menurutnya, tidak hanya bantuan dana segar, para pelaku UMKM juga akan diberikan pendampingan dalam menjalankan usahanya, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam memanagemen usaha.

Untuk pendampingan, akan dilibatkan Babinsa, Koramil dan pihak BNI sebagai bank penyalur dana bantuan. Untuk skema pendampingan dilakukan rutin bulanan.

“Kami juga akan memberikan reward kepada para pendamping bila pelaku usaha yang mereka bimbing bisa bergerak lebih maju,” terang Mantan Danrem 143/HO ini.

Dirinya berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik-baiknya oleh pelaku UMKM penerima, sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya di masa Pandemi Covid19.

“Saya berharap dengan bantuan modal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di masa Covid19,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Kakanwil BNI Makassar Wilayah Kerja Sulsel Sulbar dan Sultra, Hadi Santoso mengatakan, bantuan tersebut merupakan inisiatif Pangdam XIV Hasanuddin.

Menurutnya, gagasan pemberian bantuan tersebut dalam rangka penguatan permodalan para pelaku UMKM. Hal ini juga merupakan wujud kepedulian Pangdam XIV Hasanuddin kepada pelaku UMKM terdampak covid-19.

“Ini tanpa Anggunan. Apabila size bisnisnya bapak ibu ini bisa berkembang maka bisa kami perbesar pemodalannya. Sesuai arahan bapak Pangdam beliau ingin bapak-bapak ini bisa menjadi pengusaha besar dari usaha yang kecil,” singkat dia.

Salah seorang perwakilan pelaku UMKM, Fadilah Basalam mengucapkan terimakasih kepada Pangdam XIV Hasanuddin yang telah memberikan bantuan modal usaha kepada dirinya dan rekan – rekan UMKM.

“Terimakasih kepada Bapak Panglima, semoga selalu diberikan rezeki dan kesehatan. Bantuan ini sangat dibutuhkan oleh kami pelaku UMKM dalam membangun kembali perekonomian kami di masa Covid-19,” ucap dia.

You cannot copy content of this page