NEWS

Pangdam XIV/Hasanuddin Bersama Pejabat di Sultra Tanam Ribuan Bibit Mangrove

481
×

Pangdam XIV/Hasanuddin Bersama Pejabat di Sultra Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Sebarkan artikel ini
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso (depan kiri) bersama pejabat di Sultra saat melakukan penanaman mangrove

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso bersama bersama pejabat di Sulawesi Tenggara melakukan penanaman bibit mangrove pada Senin, 15 Mei 2023.

Penanaman bibit mangrove tersebut dilakukan secara serentak se-Indonesia. Dan untuk di Sultra sendiri terletak di kawasan Pantai Teluk Kendari, Kelurahan Watu-watu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Dalam kesempatan itu Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan penanaman bibit mangrove ini dengan tujuan untuk mencegah abrasi pantai, kemudian akan menimbulkan kehidupan bagi biota kelautan.

“Tujuannya ini untuk mencegah abrasi, kemudian dengan adanya juga mangrove ini biota laut seperti ikan-ikan bisa hidup berkembang, terlebih ini merupakan salah satu program unggulan pemerintah,” ujarnya.

Sehingga dirinya berharap dengan adanya penanaman ini nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat, dan pohon yang ditanam bisa tumbuh kembang menjadi lebih banyak lagi.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari menjelaskan bahwa penanaman pohon mangrove ini ada sebanyak 6000 bibit.

“Total bibit yang didedikasikan sebenarnya ada 6000 pohon, untuk Angkatan Laut sendiri karena ini dilakukan secara serentak secara bersama-sama dengan elemen lainnya kita tanam di lokasi ini ada 1500,” katanya.

Sedangkan untuk sisanya, kata dia nantinya akan dilanjutkan penanaman di lokasi pesisir pantai sekitar 3 bulan depan yang akan ditanam bersama Forkopimda Kota Kendari.

Terakhir dirinya menegaskan kepada oknum yang melakukan penebangan/merusak mangrove ini maka pihaknya bersama Polresta Kendari akan memberikan sanksi.

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page