BOMBANAPOLITIKSULTRA

Partisipasi Pemilih di Bombana Capai 82 Persen

349
×

Partisipasi Pemilih di Bombana Capai 82 Persen

Sebarkan artikel ini

Repoerter : Hasrun

Editor : Kang Upi

RUMBIA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat angka partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 capai 82 persen. Angka diketahui meningkat dibanding partisipasi pada Pilgub Sultra 2018 yang hanya mencapai 70 persen.

Komisioner KPU Bombana, Abdi Mahatma menuturkan, angka tersebut tidak hanya melebihi target nasional sebesar 77 persen, tapi juga sudah melebihi angka partisipasi Pilgub yang hanya mencapai 70,68 persen.

“Saya kira ini capaian membanggakan. Waktu Pilgub, dari 96.192 warga dalam DPT, hanya 67.984 yang tertarik ke TPS menyalurkan hak suaranya untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur. Artinya, lepas dari adanya beberapa TPS di Bombana yang harus menggelar PSU, tapi secara umum kesadaran elektoral di daerah ini ternyata cukup tinggi,” jelas Abdi ,Kamis (23/5/2019).

Menurutnya, tingginya angka partisipasi pemilih kali ini tidak lepas upaya KPU menggelar sosialisasi ke basis pemilih, mengajarkan masyarakat tentang pentingnya memilih termasuk tata cara mencoblos.

Selain itu , kata Abdi, tingginya partisipasi ini sekaligus membantah kekhawatiran beberapa pihak yang ragu akibat metode pemilihan yang dianggap rumit bisa membuat pemilih enggan ke TPS.

“Kami merekrut 55 orang relawan demokrasi. Mereka bekerja di lima daerah pemilihan. Nyaris tiap hari, sejak Februari-April mereka keluar masuk kampung dan pemukiman di Bombana, mengedukasi warga soal Pemilu. Dan hasilnya kita sama sama tahu,” tambah mantan jurnalis ini.

Tidak hanya itu, lanjutnya, KPU Bombana secara khusus juga melakukan sosialisasi ke berbagai titik. Setidaknya, sejak Januari ada 30 lokasi yang didatangi tim dari Komisioner KPU guna mengajarkan warga soal Pemilu.

KPU juga sempat menggelar iven seperti lomba pentas seni, konser musik, Pemilu Run hingga lomba selfie di TPS. Semuanya bertujuan mendorong partipasi warga ke TPS.

“Mewakili kawan-kawan komisioner dan jajaran KPU Bombana, saya menyampaikan terima kasih kepada warga Bombana yang sudah berpartisipasi di Pemilu 2019 ini. Apresiasi juga kami berikan kepada para relawan demokrasi yang sudah bekerja keras mensosialisasikan Pemilu. Termasuk tentu saja jajaran badan adhoc yang tangguh mengerjakan semua tahapan Pemilu hingga pleno,” pungkasnya

Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Bombana untuk Pemilu 2019 adalah 100.439. “Dalam catatan KPU Bombana, sesuai hasil pleno berjenjang, total ada 82.512 ribu pemilih yang datang ke TPS,17 April lalu. Jika dikonversi maka ini mencapai 82,15 persen partisipasi. (B)

You cannot copy content of this page