oleh

Pasangan Pemenang di Pilkada Konawe Selatan 2020 Resmi Ditetapkan

-NEWS-216 dibaca

 

Reporter: Erlin

KONAWE SELATAN – Pasangan Surunuddin Dangga-Rasyid (SUARA) resmi ditetapkan pada Senin, 22 Maret 2020 sebagai pemenang Pilkada Konawe Selatan 2020.

Penetapan oleh KPU Konawe Selatan ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi menolah permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada pada 19 Maret 2021 yang diajukan pasangan Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama Imran.

Pleno penetapan yang digelar di Resort Wonua Monapa, Kecamatan Ranomeeto ini termaktub dalam Keputusan KPU Konsel Nomor 16. PL.02.7-Kpt/7405/KPU-Kab/III/2021 dan dituangkan dalam berita acara KPU Nomor 13/PL.02.7-BA/7405/KPU-Kab/III/2021.

Ketua KPU Konsel Aliudin menetapkan, penetapan paslon terpilih dilakukan setelah menerima salinan putusan secara resmi dari Mahkamah Konstitusi pada 20 Maret 2021.

“Hari ini telah kita plenokan paslon SUARA sebagai Bupati dan Wabup terpilih Konsel. Tentu ini berdasarkan ketentuan perundang undangan 5 hari maksimal setelah menerima putusan resmi dari MK,” terang Aliudin di lokasi rapat pleno.

Pasangan SUARA menduduki peringkat pertama dengan perolehan dukungan pemilih sebanyak 75.985 suara. Pasangan nomor urut 2 ini diusung Golkar, NasDem, PKS, PKB, dan PBB.

Sementara pasangan nomor urut 3, Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama Imran yang diusung PAN, Demokrat, dan Gerindra memperoleh 73.459 suara dan berada di posisi kedua.

Sedangkan pasangan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae yang diusung PDIP, Hanura, dan PPP berada di posisi terakhir dengan perolehan 20.606 suara.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Andi Tenri menghimbau seluruh masyarakat agar menerima dengan ikhlas hasil pemilihan dan menghindari perbedaan antar pendukung.

“Pilkada telah selesai mari merajut kembali persatuan, tambahnya, yang sebelumnya ada saling mengkotak-kotakkan karena perbedaan. Hari ini kita kembali kepada kehidupan semula dengan menjaga kebersamaan dan ketertiban bermasyarakat,” ajaknya.

Mengakhiri sambutannya, Andi Tenri menyampaikan selamat Kepada Bupati dan Wabup terpilih.

“Semoga amanah dalam menjalankan tugas demi terwujudnya Konsel yang bermartabat yang masyarakatnya sejahtera,”tutupnya.

Di tempat yang sama, Surunuddin didampingi Rasyid yang baru mendarat dari Jakarta dan langsung ke lokasi menyampaikan terima kasih kepada partai penggusung, simpatisan, dan semua pihak khususnya kepada penyelenggara pemilu serta kepolisian atas perhelatan pesta demokrasi yang berjalan aman, lancar, dan sukses.

Dengan amanah yang diemban saat ini, mereka berjanji akan menjaga sebaik-baiknya. Selain itu, mereka juga meminta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program kerja yang akan dicanangkan.

“Hilangkan sekat sekat dalam bermasyarakat karena perbedaan, pilkada telah usai, jadi mari bersama berbuat yang terbaik dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan guna peningkatan kesejahteraan Konsel,”terangnya.

Untuk diketahui, tahapan berikutnya, KPU akan menyampaikan surat pengusulan pengangkatan paslon terpilih ke DPRD Konsel. Selanjutnya DPRD akan diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Sulawesi Tenggara untuk selanjutnya menunggu waktu pelantikan. (A)

Terkini