oleh

Pasar Wakuru yang Terbakar Dibangun Tahun Depan

Reporter: Arto Rasyid

MUNA – Kepedulian Wakil Ketua I Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan Bae terhadap masyarakat kembali ditunjukan usai meninjau lokasi pasar Wakuru Kecamatan Tongkuno yang terbakar di sela kunjungan resesnya di Kabupaten Muna, pada Sabtu 16 Oktober 2021.

Dibuktikan meski bukan pada bidangnya di Komisi V tapi mantan Bupati Muna dua periode itu berjanji akan menyuarakan di Kementerian Perdagangan RI terkait nasib 400 perdagang yang menggantungkan hidup dipasar wakuru.

Pramuka

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), La Ode Darmansyah. kata dia, Ridwan Bae meminta agar pihaknya segera mengajukan proposal ke Kementerian Perdagangan RI untuk pembangunan baru pasar wakuru.

Dimana saat melihat kondisi 80 unit kios yang terbakar, Ridwan meminta agar pasar wakuru bukan hanya direhab melainkan dibangun baru dengan desaign bangunan dua lantai untuk kapasitas 400 kios sesuai jumlah pedagang.

“Saat itu Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Sultra, Yohanis Tulak Todingrara menyetujui pengajuan proposal dengan anggaran yang ditaksir mencapai Rp. 30-50 miliar,” ucap Darmansyah saat ditemui MediaKendari.Com diruang kerjanya, Senin 18 Oktober 2021.

Tak hanya itu, lanjut Darmansyah, jika Ridwan berharap agar perencanaan proposal dapat selesai bersamaan dengan agenda kedatangan Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga melalui koordinasi dan komunikasi Senator DPD RI, Wa Ode Rabiah Adawiah yang juga pro aktif mencarikan sumber anggaran untuk pembangunan pasar wakuru.

“Insya Allah jika tak ada aral melintang wakil menteri perdagangan datang diakhir Oktober untuk meninjau lokasi pasar wakuru yang terbakar dan rencananya bangunan baru pasar wakuru dikerja di tahun 2022,” ungkapnya.

Terkini