NEWS

Pawai Ta’aruf Pembukaan MTQ Sultra 2022 Berlangsung Dalam Kondisi Hujan 

820
×

Pawai Ta’aruf Pembukaan MTQ Sultra 2022 Berlangsung Dalam Kondisi Hujan 

Sebarkan artikel ini
Suasana pembuakan Pawai Ta’aruf dan Etno Religi Karnaval dalam Rangka MTQ ke-XXIX Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pawai Ta’aruf dan Etno Religi Karnaval MTQ ke-XXIX Provinsi Sulawesi Tenggara, di Kota Kendari, Rabu 10 Agustus 2022 diwarnai suasana hujan.

Meski dalam suasana hujan, ratusan peserta tetap mengikuti sembari berjalan kaki dari Masjid Raya Al-Kautsar menuju kawasan Tugu Persatuan Sulawesi Tenggara.

Pawai Ta’aruf dan Karnaval Etno Religi diikuti perwakilan dari 17 kabupaten dan kota, barisan siswa sekolah tingkat SMA, SMK, Madrasah dan Pondok Pesantren, serta perwakilan barisan umum terdiri dari organisasi masyarakat lintas agama, paguyuban nusantara, Badan Kontak Majelis Taklim.

Di tengah hujan yang tidak kunjung reda, peserta pawai ta’aruf nampak menikmati jalannya kegiatan. Sambil mengenakan seragam khas daerah, berupa pakaian adat, batik, hingga kemeja, setiap rombongan atau kafilah berjalan kaki mengikuti jalur yang sudah disediakan.

Baca Juga : Piveri Sultra Tingkatkan Silahturahmi dengan Pertemuan Setiap Bulan

Hampir semua dari peserta juga mengenakan payung untuk menghindari air hujan sambil mengiringi mobil yang sudah dihiasi dengan ciri khas daerah. Namun mendekati panggung kehormatan, paying pun disimpan sebelum memberikan memberikan penghormatan hingga yel-yel semangat dari masing-masing peserta.

Kegiatan ini turut di hadiri Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Ali Mazi, SH.

Banyak kontigen terpaksa mengikutkan pesertanya dengan jumlah minim. Disatu sisi meski hujan terus mengguyur, peserta tetap bertahan dan antusias hingga di garis finish. Tidak sedikit peserta yang ikut turun ke jalan memeriahkan acara.

Selain itu, pada kegiatan ini terlihat masing-masing peserta pawai kafilah menampilkan berbagai atraksi, kostum yang beragam, serta penampilan menarik lainnya untuk memeriahkan acara, di antaranya rombongan asal Kabaena, paguyuban masyarakat Bali, dan perhimpunan masyarakat Toraja Indonesia.

Selama pawai ta’aruf berlangsung, pengamanan dari pihak kepolisian dan TNI dibantu polisi pamong praja tampak di segala sudut terus melakukan pengamanan dan perempatan jalan poros jalur lintasan pawai taaruf.

Baca Juga : KPU Konawe Selatan Sosialisasikan Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Keanggotaan Parpol

Karo Kesra Setda Sultra, Yusmin mendukung seluruh hasil kesepakatan yang akan didiskusikan dari teknikal meeting tersebut.

Yusmin juga menegaskan bahwa segala yang dibutuhkan panitia selama pelaksanaan kegiatan pawai ta’aruf akan dipenuhi secara keseluruhan demi kesuksesan dan keberhasilan kegiatan tersebut.

“Jadi saya akan bertanggungjawab dari apa yang menjadi kebutuhan dari panitia untuk harus selesai, tidak boleh ada kekurangan. Artinya, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk semua yang dibutuhkan oleh panitia demi kesuksesan pawai ini kita akan sediakan sehingga pada saat kegiatan ini dimulai betul-betul berjalan maksimal,” pungkasnya.

Diketahui bahwa Pawai Ta’aruf dan Karnaval Etno Religi selain merupakan Rangkaian MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara ke-XXIX, juga dalam rangka menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, serta momentum mendukung Tahun Toleransi 2022.

 

Reporter : Sardin.D

You cannot copy content of this page