NEWS

Pelaksanaan USBD SDN 84 Kendari Terkendala Jaringan Internet

798
×

Pelaksanaan USBD SDN 84 Kendari Terkendala Jaringan Internet

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Kepala Sekolah SDN 84 Kendari, Jumia, S.Pd

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Digital (USBD) telah berhasil dilaksanakan selama 4 hari, sejak 8-11 Mei 2023 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Salah satunya di SDN 84 Kendari yang diikuti 135 siswa, dengan 3 diantaranya akan mengikuti ujian susulan pada hari senin mendatang.

“Jadi 3 orang sakit, yang satu ini memang sama sekali tidak mengikuti ujian, kemudian ada juga yang hanya mengikuti selama 2 hari dan ada yang tidak mengikuti 1 mata pelajaran saja karena terkendala jaringan” ucap Jumia, S.Pd, Kepala SDN 84 Kendari.

Kendala yang dialami selama USBD berlangsung, pihaknya mengatakan tak ada masalah yang serius, hanya saja jaringan yang biasanya jadi kendala.

“Kendala tidak ada yang serius, hanya paling jaringan saja yang kadang tidak bersahabat, tapi bisa kami atasi dan yang kami sayangkan ada siswa yang belum bisa mengikuti ujian, itu saja” tegasnya.

SDN 84 Kendari menyediakan 2 layanan Wifi untuk menjamin kelancaran pengerjaan soal para peserta didik yang mengikuti USBD selama 4 hari.

“Pasti juga hubungannya karena banyak yang mengakses, jadi otomatis akan loading, sehingga kami antisipasi untuk seluruh murid menyediakan kouta internet masing-masing” kata Jumia.

Menurut Jumia, USBD saat ini sangat efektif untuk dilakukan oleh siswa yang akan melaksanakan ujian akhir, selain mengurangi biaya, juga mengurangi potensi kecurangan karena soal yang diberikan secara acak pada setiap siswa.

“Dan semenjak USBD digelar, pengawas tidak lagi terlalu banyak yang biasanya 2 mungkin, sekarang 1 saja sudah cukup” tuturnya.

“Harapannya untuk selanjutnya bisa lebih baik lagi pastinya, segala kendala yang kita lalui bisa menjadi evaluasi mendatang, sehingga proses USBD mendatang bisa lebih baik lagi kita lalui” tutupnya.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page