BUTON UTARASULTRA

Pelaku UMKM Butur Diajak Kembangkan Wirausaha

775
×

Pelaku UMKM Butur Diajak Kembangkan Wirausaha

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Kepala UKM Butur, Pemateri dan peserta. Foto: MEDIAKENDARI.com

Reporter: Riat Sarnu
Editor: Kang Upi

BURANGA – Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Buton Utara (Butur) mengajak pelaku Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya.

Ajakan itu disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil, Dinas Koperasi UMKM Sultra, Arif Moh Ta’lam, dalam ‘Sosialisasi dan Pelatihan Manajemen Kewirausahaan’.

Sosialisasi yang digelar, Selasa (19/11/2019) di salah satu hotel di Butur ini, diikuti ratusan peserta dari pelaku UMKM di Butur seperti pedangan sembako, penjual kue serta petani dan pengusaha rumput laut.

Menurut Arif Moh Ta’lam, dengan adanya kegiatan ini masyarakat Butur khususnya pelaku UMKM, bisa menjadi lebih kreatif lagi untuk menjalankan dan mengembangkan wirausahanya.

Baca Juga :

“Yang saya harapkan para pelaku usaha di Butur ini lebih kreatif dan inovasi agar dapat mengembangkan usahanya, dapat naik kelas dari usaha kecil menjadi usaha menengah,” kata Arif Moh Ta’lam, saat membawakan materi, Selasa (19/11/2019).

Hal senada juga disampaikan pemateri lainnya, Sabarudin Sondeng, akademisi dari Universitas Muhamadiyah Bau-bau, bahwa setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan ada perubahan cara berpikir.

“Kegiatan inikan terkoneksi antara orang yang diperguruan tinggi, birokrasi, dan wirausaha sendiri. Jika ada masalah-masalah yang didapat wirausaha bisa mencari jalan keluar ke birokasi,” jelasnya.

Ditemui terpisah, salah seorang peserta, Narti, menjelaskan dirinya sangat termotivasi untuk menjalankan usaha kecilnya sendiri yang juga bergerak di bidang UMKM, yakni jualan es kelapa muda.

“Saya bersyukur ada kegiatan ini, dimana saya banyak memetik pelajaran motivasi untuk usaha es kelapa muda saya, tadi saya didukung penuh oleh Kabid UKM Sultra karena saya telah menggunakan potensi usaha lokal,” tutupnya. /B

You cannot copy content of this page