oleh

Pelaku Usaha Pemula di Konsel Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

-EKONOMI & BISNIS-286 dibaca

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

KENDARI – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha pemula di Qubra hotel, Kota Kendari, Jum’at (28/6/2019).

Sebanyak 100 orang wirausahawan pemula dari 25 Kecamatan se-Konsel mengikuti kegiatan ini.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Plt. Kadiskop dan UMKM, Nunti menjelaskan, kegiatan ini dalam upaya mengembangkan SDM, sesuai visi Kabupaten Konsel yaitu mewujudkan desa maju Konsel hebat demi terwujudnya masyarakat sejahtera, mandiri dan unggul.

Menurutnya, instansinya mendorong pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan usahanya serta menciptakan lapangan kerja dan kewirausahawaan. Ia berharap dapat mengantisipasi serta menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

“Salah satu upaya mengurangi pengangguran adalah melalui pelatihan kewirausahaan, untuk itulah perlu kita apresiasi kegiatan ini, dalam rangka lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di Konsel,” tutur Nunti.

Ia juga menjelaskan, Pemda Konsel selalu berupaya menekan hal itu, dengan lebih banyak menganggarkan untuk pelaksanaan pelatihan kewirausahaan melalui dana APBD.

“Dan patut berbangga tingkat pengangguran di Konsel menurun dari tahun ketahun, dan terendah dari daerah lainnya,” ungkap Nunti.

Nunti menuturkan, salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan angka pengangguran, karena semakin berkembangnya kewirausahaan masyarakat di Kabupaten Konsel.

“Olehnya itu, saya mengajak kepada seluruh peserta untuk lebih serius dan sungguh-sungguh mengikuti seluruh tahapan pelatihan, sehingga nantinya akan menjadi wirausahawan yang handal,” tandas Nunti.

Baca Juga :

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Pelaksana Kegiatan Hariyanto Liambo yang juga Kabid UMKM menjelaskan, tujuan pelaksanaan pelatihan yakni untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, tentang kewirausahaan.

Pelatihan ini, kata Hariyanto, diharapkan mampu menciptakan wirausaha maju, mandiri dan handal guna mendukung Visi Pemda, Desa Maju Konsel Hebat.

“Total jumlah UMKM di Konsel saat ini sebanyak 30.111 usahawan, yang terdiri dari 28.134 usaha mikro, dan 1.829 usaha kecil,” beber Haryanto.

Pelatihan ini sendiri menghadirkan Pimpinan Bank BPD Cab Punggaluku, Hendra, Kabid Kop-UMKM Provinsi Sultra, Arif Moh Ta’lam, Kepala BPKAD, Dr. Sahlul, dan Akademisi UHO Kendari, Dr. Sitti Aida Adha Taridala.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Kabid Koperasi, Rasul S Nusantara, S.TP., M.Si, Kabid Pembiayaan,Suhardin, S.Si, dan Kasie Pengembangan Informasi Bisnis, Jukman, S.IP.(b)

Terkini