NEWS

Pelatihan Tata Kelola Jurnal Menggunakan Open Journal Sistem pada Unit Pascasarjana UHO

1146
×

Pelatihan Tata Kelola Jurnal Menggunakan Open Journal Sistem pada Unit Pascasarjana UHO

Sebarkan artikel ini
Narasumber Bersama anggota pelatihan tata kelola jurnal pascasajana UHO.

KENDARI – Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan pelatihan tata kelola jurnal menggunakan open journal sistem (OJS) pada unit pascasarjana.

Jurnal online adalah jurnal dalam format elektronik merupakan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola jurnal. Selain faktor efektifitas pengelolaan dan manajemen jurnal, sebagian besar platform jurnal online juga bersifat open source dan gratis. Salah satu platform jurnal online yang banyak digunakan dan cukup andal adalah open journal systems (OJS)

Pelatihan dibuka Wakil Direktur 1 Pascasarjana UHO, Prof. Dr. Ir. Muhidin.,M.Si, dalam sambutannya Prof Muhidin menyampaikan kepada para peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan tersebut secara sungguh – sungguh, meskipun para peserta tidak memiliki latar belakang tentang informasi tehnolologi (IT) tetapi fungsi manajerial adalah kunci dari keberhasilan pengelolan jurnal dalam meraih akreditasi jurnal.

Kegiatan pelatihan tata kelola jurnal menggunakan OJS dihadiri para pengelola jurnal pada unit pascasarjana UHO. Terdiri dari Jurnal Sosio Agribisnis, Jurnal Perencanaan Wilayah, berkala penelitian agronomi, Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan, Jurnal Sains dan Inovasi Perikanan, Journal of Language Education and Educational Technology (JLEET), Jurnal Penelitian Budaya, Jurnal Pendidikan Bahasa, Jurnal Pembelajaran Seni dan Budaya.

Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, Publica (Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik), Jumbo (Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi), Halu Oleo Legal Research, Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management), Physical and Social Geography Research Journal (PSGRJ), Jurnal Biofiskim, Pendidikan dan Pembelajaran IPA, Indonesian Journal Of Animal Agricultural Science (IJAAS), dan Jurnal Kendari Kesehatan Masyarakat. Kegiatan ini berlangsung Sabtu, 20 November 2021.

Pelatihan menampilkan narasumber Muhammad Nadzirin Anshari Nur, S.Kom, MT yang merupakan salah satu tim dari pengabdian kepada masyarakat. Materi disampaikan dengan sederhana tentang cara mengelola jurnal yang berbasis OJS. Dalam paparannya Nadzirin menjelaskan tentang pentingnya mengelola jurnal secara professional.

Untuk diketahui dosen pascasarjana UHO menjalankan salah satu fungsi dari tridharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Dosen yang tergabung dalam pengabdian antara lain Muhammad Nadzirin Anshari Nur, S.Kom, MT, Devi Savitri Effendy, SKM, M.Kes, Ph.D, Ramadhan Tosepu., SKM., M.Kes., Ph.D, Dr. Dewi Nurhayati Yusuf, STP, M.Sc.

Penulis : Redaksi

You cannot copy content of this page