NEWS

Pelayanan Penukaran Uang Kecil BI Nyaris Satu Triliun Rupiah

686
×

Pelayanan Penukaran Uang Kecil BI Nyaris Satu Triliun Rupiah

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Setelah beberapa hari melakukan pelayanan penukaran uang kecil bagi masyarakat di Sultra, terhitung Rp 970 miliar telah ditukarkan oleh Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelayanan ini terus melakukan pelayanan penukaran uang kecil selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri 2023. Adapun jumlah yang disediakan oleh BI sekiranya Rp1,9 triliun yang dibagi disemua titik tempat penukaran uang di Sultra.

Seksi Kehumasan BI Sultra, M. Taufik R mengatakan menjelang lebaran biasanya masyarakat membutuhkan uang tunai dengan nominal yang kecil. Oleh sebab itu pihaknya melakukan pelayanan penukaran uang kecil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri.

“Oleh sebab itu kita sediakan uang baru dan ditempat penukaran ini kita melayani dengan nominal kecil dari angka Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000,” ungkapnya.

Dia mengatakan program penukaran uang ini dilakukan sejak Maret 2023 dan diikuti oleh semua perbankan yang ada di Sultra. Dimana dari jumlah yang telah disediakan BI masing-masing Bank turun melayani masyarakat.

“Contoh hari ini teman-teman dari Bank BCA hadir untuk memberikan pelayanan penukaran untuk masyarakat yang datang di Pasar Murah maupun masyarakat yang melintas dan singgah menukar, dari sejak pertama dilaksanakan sampai hari ini sebesar 970 Miliar sudar tertukar,” jelasnya.

Ia menyebut, setiap titik lokasi tempat penukaran uang kecil itu nominal nya berbeda. Namun rata-rata bisa mencapai diatas Rp50 juta.

“Karena memang setiap titik beda-beda nominalnya,” pungkasnya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page