Pemda Buteng Alokasikan Rp 500 Juta Untuk Tangani Corona

Reporter: Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – Pemerintah Daerah Buton Tengah (Buteng) berencana mengalikasikan anggaran APBD tahun 2020 sebesar Rp 500 Juta, untuk pencegahan Corona atau Covid-19.

Sekeraris Daerah Buteng, Kostantinus Bukide mengatakan, Pemda Buteng sudah mengambil langkah administratif terkait usulan alokasi anggaran dari APBD tahun 2020 sebesar Rp 500 Juta.

“Mekanismenya, Pemda meminta persetujuan dewan. Saat ini proposalnya sementara disusun, setelah itu administrasinya melalui keuangan mengajukan ke dewan, Insya Allah hari akan diajukan ke dewan,” kata Kostantinus Bukide, Selasa, 24 Maret 2019.

Ia menjelaskan, dana yang dialokasikan tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan satu bulan kedepan. “Kita juga bisa lihat bahwa perkembangan virus Corona untuk Buteng saat ini  lebih kepada upaya pencegahan,” pungkasnya.

Ditempat berbeda, Ketua Komisi III DPRD Buteng, Tasman mengatakan, anggaran yang dibutuhkan dalam penanganan Corona mencapai diatas Rp 1 milyar lebih.

“Pengalihan anggaran untuk corona ini bisa dari anggaran tak terduga, anggaran intensif daerah dan dana alokasi umum di APBD, kalau hanya 1 Milyar belum dapat tercukupi karena rumah sakit daerah kita, alat medis serta alat pelindung diri masih sangat minim,” ujarnya.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda