oleh

Pemda Buteng Segera Bangun Kembali Rumah Warga yang Dibakar

Reporter: Adhil
Editor: La Ode Adnan Irham

LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), berjanji memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Wadiabero, Kecamatan GU, pasca bentrok, Rabu (27/11/2019).

Bantuan yang diberikan berupa pembangunan kembali seluruh rumah warga yang dibakar dan merehabilitasi rumah terdampak.

Hasil identifikasi melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sulawesi Tenggara (Sultra), ada 28 rumah yang terbakar hingga rata dengan tanah, dari sebelumnya diberitakan hanya sebanyak 25 rumah, serta 26 rumah mengalami rusak ringan.

Akibat dari pembakaran, 61 kepala keluarga harus mengungsi di sejumlah rumah warga dan mesjid terdekat.

Baca terkait: Tawuran Antar Desa di Buteng, 25 Rumah Dibakar

Pemda Buteng telah mengajukan permohonan bantuan ke pemerintah pusat terkait bantuan perumahan, logistik dan penyelesaian masalah antar desa yang bertikai.

“Kita upayakan secepatnya, kita usahakan bangun kembali rumah yang terbakar dan kita coba perbaiki rumah yang terkena dampak. Insya Allah dalam waktu dekat ini kita sudah mulai proses perbaikan,” ungkap Wakil Bupati Buteng, La Ntau kepada awak media, Sabtu (30/11/2019).

Untuk bantuan awal, Pemda Buteng telah menyalurkan sejumlah bantuan sembako seperti beras, mie instan, telur dan minyak goreng hingga pakaian layak pakai. Bantuan juga diberikan sejumlah dermawan, baik yang berada di Buteng maupun dari daerah sekitarnya.

Saat ini, kondisi di lokasi pembakaran rumah mulai berangsur kondusif. Terlihat beberapa warga yang sebelumnya melarikan diri, perlahan mulai kembali ke rumah masing-masing. (B)

Terkini