BUTON UTARADaerahNEWSSULTRA

Pemda Butur Bakal Terapkan e-Planning dan e-Budgeting

810
×

Pemda Butur Bakal Terapkan e-Planning dan e-Budgeting

Sebarkan artikel ini
Bupati Butur memberikan sambutan pada acara sosialisasi dan bimbingan teknis integrasi e-planing dan e-budgeting, Kamis (3/10/2019) (mediakendari.com/B)

Reporter : Safrudin Darma

BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara Sulawesi Tenggara bakal menerima perencanaan dan penganggaran berbasis aplikasi elektronik atau e-planning dan e-budgeting yang terintegrasi.

Rencana penerapan ini dibahas di dalam pertemuan di Aula Bappeda Butur, Kamis (3/10/2019), yang melibatkan 120 peserta perwakilan OPD, pemerintah kecamatan dan kelurahan dn Puskesmas.

Bupati Butur Abu Hasan dalam sambutannya mengatakan aplikasi yang mengintegrasikan e-planning dan e-budgeting ini disebut Simda Integrated.

“Aplikasi ini diharapkan mampu membantu Pemda Butur dalam meningkatkan kualitas perencaan dan penganggaran yang partisipatif, tranparan, akuntabel, serta dapat dikontrol masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, integrasi ini akan dilakukan untuk menguatkan perencanaan dan penganggaran OPD lingkup Pemda Butur.

BACA JUGA :

“Kalau ingin OPD kita kuat, semua siklus manajemen terkoneksi, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan, evaluasi, monitoring, harus terkoneksi,” tambahnya.

Sementara itu, Auditor Madya BPKP Sultra Halasan Simamora menjelaskan, penerapan aplikasi ini dalam rangka tranparansi, sebagai salah satu pilar pemerintah yang baik dan bersih.

“Kaitan Simda perencanaan dengan Simda keuangan ini supaya masyarakat mengerti, dari proses perencanaan dan sampai pelaporan,” kata Halasan dalam materi.

Menurutnya, juga aplikasi Simda merupakan hasil diskusi antara BPKP dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai bagian pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat. (B)

You cannot copy content of this page