NEWS

Pemda Konsel Bakal Keluarkan Perbup tentang Pengelolaan Dana Desa

1302
×

Pemda Konsel Bakal Keluarkan Perbup tentang Pengelolaan Dana Desa

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Konsel Rasyid S.Sos M.Si

KONAWE SELATAN – Pemerintah daerah (pemda) kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bakal mengeluarkan Peraturan Bupati (perbup) tentang Pedoman Pengelolaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022.

Saat ini, rancangan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pedoman Pengelolaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022, yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel telah memasuki tahapan menerima saran dan masukan dari instansi terkait dan para camat selaku garda terdepan pemerintah di tengah masyarakat.

Hal itu terlihat pada rapat finalisasi rancangan perbup tentang Pedoman Pengelolaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 yang dipimpin Wakil Bupati Rasyid S.Sos, M.Si yang didampingi Kadis DPMD Drs Anas Mas’ud M.Si, kemarin, Kamis 13 Januari 2022 di ruang rapat kantor bupati konsel.

Baca Juga : LA Center Kukuhkan DPP Sultra, Lukman Abunawas : Bukan Lembaga Politik

“Pertemuan ini untuk menfinalisasikan produk hukum tentang tata kelola keuangan desa. Jadi sebelum perbup diterbitkan silahkan berikan masukan membangun berdasarkan kebutuhan riil di lapangan dan sesuai kaidah aturan perundangan,”ujar Wabup Rasyid saat ditemui media ini, Jumat 14 Januari 2022.

Dijelaskan Rasyid, rapat finalisasi dilaksanakan ntuk mencegah dan meminimalisir terjadinya pelanggaran penggunaan dana desa, sekaligus mensinkronkan program kerja pemerintah daerah Konsel yang tertuang dalam RPJMD 2021 – 2026

“Kita inisiasi rapat ini agar pimpinan OPD dan para kepala desa paham dan ngerti, sehingga di awal sudah bisa ada langkah pencegahan sehingga program kerja pemda dan Desa bisa tersinergi dan terparalelkan,”katanya.

Rasyid menjelaskan langkah tersebut bukan untuk mengintervensi dana desa, tapi semata – mata mendorong pengalokasian DD agar digunakan untuk mewujudkan produktifitas melalui pengelolaan sektor unggulan yang terdapat di desa masing-masing.

Baca Juga : Kadis Kesehatan Sultra Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit DBD

“Misalnya, pengembangan tanaman yang berorientasi ekspor seperti kopi, lada, pala, porang, sawit, jeruk, kelapa dan beberapa tanaman produktif lainnya utk mewujudkan satu desa satu produk unggulan,”sebutnya.

Rasyid menambahkan perbup pada intinya mengatur prioritas penggunaan dana desa melalui program dan kegiatan yg berorientasi produktifitas, penanganan kemiskinan dan pemulihan ekonomi masyarakat sesuai tagline Dana Desa Tahun 2022″ Pemulihan Ekonomi dan Produktifitas “

Kadis PMD Anas Mas’ud selaku leading sektor kegiatan turut menambahkan, bahwa Perbup tersebut untuk menciptakan pengaturan standarisasi minimum bagi Desa dalam mengelola anggaran pada sektor produktifnya, baik pada sektor pertanian, perkebunan, maupun dibidang kelautan dan perikanan.

“Salah satu contohnya adalah apabila desa mengusulkan pembangunan jalan usaha tani, minimal ada sasaran 10 hektar sawah produktif, begitupun jenis tanaman produktif lainnya,”tukasnya

Beberapa point aturan yang tercantum dalam finalisasi Perbup ini, di antaranya memuat standar penerima BLT, yang mana bisa menggunakan DTKS Kemensos, juga dapat memakai data dari desa melalui musyawarah desa

Perbup ini juga memuat ketentuan berdasarkan kebijakan pusat melalui PMK No 190 Tahun 2021 tentang penyaluran DD, dan Permendes No 7 Tahun 2021 tentang prioritas penggunaan DD tahun 2022, bahwa 40℅ dana desa dialokasikan untuk BLT, 8 ℅ penanganan covid 19, 20℅ ketahanan pangan dan hewani dan 32℅ untuk pemulihan ekonomi, produktifitas pengelolaan sektor unggulan, penanganan stunting, pengelolaan BUMDesa, desa digital dan internet desa serta kegiatan penunjang lainnya.

 

Reporter : Erlin

You cannot copy content of this page