oleh

Pemda Konsel Gelar Peringatan Hari Pahlawan

-NEWS-27 dibaca

KONAWE SELATAN – Untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara bendera peringatan hari pahlawan tahun 2021, Rabu 10 November 2021.

Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM dengan komandan upacara Paur Intel Bung Kabupaten Konsel Kodim 1417/Kendari Letda Inf Muhammad Iswari.

Kegiatan dilaksanakan di halaman upacara kantor bupati dengan jumlah terbatas dan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Dihadiri Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si, Sekda Ir. Drs H Sjarif Sajang M.Si, Kapolres AKBP Erwin Pratomo SIK, Ketua DPRD Irham Kalenggo S.Sos M.Si, Kejari Dr Apriliana Purba dan Ketua Pengadilan Negeri Konsel Wahyu Setioadi SH

Pramuka

Secara nasional upacara peringatan 10 November mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku” dengan maksud memotivasi generasi muda untuk selalu ingat dan terinspirasi perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekan melalui belajar, berkarya dan kerja nyata.

Maksud lainnya, agar setiap insan masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Konawe Selatan seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing dengan semangat gotong royong menjaga persatuan dan kesatuan.

Bupati Surunuddin membacakan sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan melalui peringatan hari pahlawan mari bersama bahu-membahu penuh ikhlas dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan. Memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya.” Yaitu keluar dari Kemiskinan dan Kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema hari pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku,”tandasnya.

Setiap hari pahlawan kita diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Dimana peristiwa tersebut adalah salah satu momen paling bersejarah dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Penulis : Erlin

Terkini