KONAWE SELATANSULTRA

Pemda Konsel Siapkan 15 Hektar Kebun Kakao Untuk Panen Raya Bersama Presiden RI di HPS 2019

439
×

Pemda Konsel Siapkan 15 Hektar Kebun Kakao Untuk Panen Raya Bersama Presiden RI di HPS 2019

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Konawe Selatan, Nana Sudarna. (Foto : Erlin/Mediakendari.com/A)

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upik

ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menyiapkan tanaman Kakao seluas 15 hektar untuk panen raya pada 9 Oktober 2019 dalam rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS).

Panen raya Kakao itu rencananya akan dipusatkan di Desa Puudambu Kecamatan Benua Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Peringatan HPS ini sendiri digelar untuk mempromosikan potensi dan unggulan daerah di dunia International, khususnya di bidang pertanian, perkebunan dan hortikultura serta produk lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Pemkab Konsel Nana Sudarna mengungkapkan, saat ini pihaknya fokus melakukan perawatan intensif bersama masyarakat, petugas Dinas Pertanian dan Holtikultura provinsi, dan juga para penyuluh.

BACA JUGA :

“Sekarang lagi pemangkasan tanaman yang lainya ada pemupukan, pembuatan parit untuk pupuk. Itu semua sementara dilaksanakan,” jelas Nana saat ditemui awak media pada, Jumat (26/7/2019).

Untuk persiapan panen raya tersebut, kata Nana, sejauh ini progres persiapan sudah mencapai 50 persen. Pasalnya tanaman cokelat tersebut merupakan miliki masyarakat yang telah ada sebelumnya.

“Jadi kita (Pemkab) tinggal memberikan sentuhan pada tanaman. Bukan baru mau menanam ya. Kita berharap kegiatan ini nantinya dapat dipanen Pak Presiden atau Wakil Presiden atau siapapun dari pemerintah pusat,” Terangnya.

Nana juga menuturkan, tak ada tanaman lain yang siapkan selain cokelat, pasalnya hal tersebut telah ditentukan dari pemerintah provinsi untuk dikembangkan disetiap daerah yang ada di Sultra.

“Kegiatan di Desa Puudambu itu bukan pusat ya, itu hanya sebagian kecil untuk penyelenggaraan panen raya dan gelar teknologi. Kegiatan lainya, pameran dan sebagainya digelar di Kota Kendari, semoga saja pak presiden bisa hadir saat puncak acara nanti,” terangya. (B)

You cannot copy content of this page