oleh

Pemdes Andoolo Bagikan Masker Gratis kepada Pengguna Jalan

 

Reporter: Erlin

KONAWE SELATAN – Upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Andoolo, Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara dalam mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan.

Salah satunya yakni membagikan masker gratis kepada pengguna jalan yang melintasi wilayah Desa Andoolo di Tugu Monumen Desa pada Minggu, 16 Mei 2021.

Kades Andoolo, Zainal Silondae menjelaskan,
selain penyemprotan disinfektan dan penyediaan tempat cuci tangan di tempat umum, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 hingga pembagian masker gratis kepada masyarakat.

Sejumlah kegiatan itu melibatkan berbagai lembaga dan aparat Pemdes Andoolo, serta pihak TNI-Polri yakni Babinsa dan Bhabinkantibmas.

“Tentunya sinergitas antara Pemerintah dan TNI-Polri sangat efektif, selain itu kerjasama antara Pendaping Desa sangat membantu. Alhamdulillah, meski berada di wiliyah ibukota kabupaten warga Andoolo tak satupun ditemukan terpapar virus mematikan itu,” ungkap Zainal di lokasi pembagian masker gratis.

Zainal mengatakan, pembagian masker ini bukan kali pertama dilakukan, bahkan setahun lalu pertama masuknya virus Corona di Sultra pihaknya telah melakukan hal tersebut dengan melibatkan ibu PKK dalam pembuatan masker dari kain.

“Yang lalu itu masker kami bagikan hasil dari kerajinan tangan ibu-ibu PKK dan warga setempat,” terangnya.

Bahkan, tambah Zainal, selama bulan suci ramadan pemdes terus melakukan sosialisasi di tempat-tempat ibadah hingga menerapkan imbauan wilayah wajib masker.

“Pada saat Sholat Idul Fitri pun kami juga bagikan masker secara gratis kepada jamaah yang tidak memakai masker, ” kata dia.

Zainal merinci selama Ramadan Pemdes Andoolo membagikan masker sebanyak 500 buah, serta mendirikan posko siaga Covid-19.

“Selain itu, kami juga mendirikan posko siaga covid-19, dan memasang baliho imbaun di tempat-tempat strategis,” pungkasnya. |C|

Terkini