NEWS

Pemerintah Konawe Gelar Ekspose Kinerja Pembangunan Daerah KSK Selama 1 Dekade

641
×

Pemerintah Konawe Gelar Ekspose Kinerja Pembangunan Daerah KSK Selama 1 Dekade

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–Ekspose Kinerja Pembangunan Daerah 1 Dekade Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengantarkan Kabupaten Konawe menuju kabupaten yang gemilang dan bisa menjadi masa depan Sulawesi Tenggara yang maju.

Acara ini dihadiri langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, diikuti pula Ketua DPRD Kab. Konawe, Sekda Kab. Konawe, Bappeda provinsi Sultra, BPS provinsi Sultra, Forkopimda Konawe, Kepala OPD Kab. Konawe, Pimpinan instansi vertikal, Tokoh akademisi, Pimpinan perbankan dan Lembaga keuangan.

Dalam kepemimpinannya selama 10 tahun, KSK memiliki strategi khusus untuk menciptakan Konawe yang gemilang, berfokus pada pertumbuhan, pemerataan, kemandirian dan integratif.

Dalam video pemaparan kinerja KSK, pada tahun ke-4 kepemimpinannya, kabupaten Konawe selalu tercatat di urutan teratas dalam perbandingan pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ekonomi antar wilayah di Sultra.

Dan 3 lapangan usaha penyumbang PDRB terbesar yakni Industri Pengolahan, Pertanian/Perkebunan serta Konstruksi.

Dari tahun ke tahun pertumbuhan ekonomi kabupaten Konawe terus tumbuh di bawah kepemimpinan KSK. Tahun 2019 pertumbuhan ekonomi konawe selalu teratas mencapai 11,84% dari 17 kota/kabupaten di Sultra.

Tahun 2020 mencapai 6,89%, Tahun 2021 yaitu 7,78%, dan ditahun 2022 merupakan pencapaian yang luar biasa dapat menyentuh diangka yang sangat tinggi sebesar 15,38%.

Selain itu, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan partisipasi angkatan kerja kab. Konawe selama 10 tahun konsisten tumbuh di angka yang cukup tinggi, diikuti angka penurunan kemiskinan yang terus menurun.

Tahun 2021, KSK berhasil membawa kab. Konawe pada peringkat ke-7 atas realisasi investasi terbesar tingkat nasional, dengan jumlah investasi sebesar Rp20,06 Triluin dengan 122 proyek.

Opini WTP yang disematkan BPK atas hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Konawe memiliki kriteria yang memadai, bersih dan baik selama masa jabatan KSK.

Lebih lanjut, dalam video tersebut juga KSK berhasil menghadirkan Mall Pelayanan Publik kab. Konawe untuk mempermudah segala administrasi warga konawe dan juga mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi disemua sektor, secara terpadu dan terintegrasi.

Dalam aspek daya saing, selama 10 tahun berfokus pada tiga sektor utama yang dinilai mampu secara cepat memberikan kesejahteraan rakyat, yaitu Pertanian, Kesehatan dan Industri Pertambangan.

Telah dirasakan langsung oleh masyarakat Konawe manfaat dri tiga sektor tersebut. Sektor kesehatan, kab. Konawe mendapatkan apresiasi atas inovasi program kesehatan masyarakat yang mendirikan RSUD Konawe dengan fasilitas berstandar nasional, serta mendapat predikat sebagai RS rujukan regional terbaik di Sultra.

Sektor pertanian, kab. Konawe adalah kabupaten yg berfokus kepada produksi beras sebagai komoditi utama, selama pemerintahannya, Ia menyediakan alat untuk para petani dalam memproduksi beras. Inilah yang menjadi langkah utama Kery dalam memerhatikan para petani.

Dijuluki sebagai Bapak Pembangunan Konawe. KSK membangun kerajaan megah industri terbesar di Sultra yang terletak di Kecamatan Morosi yang bisa mendongkrak perekonomian di industri nikel, sehingga mampu mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan usaha mikro masyarakat Konawe.

KSK juga berhasil membawa Konawe mendapatan penghargaan DANA RAKCA 2016 yaitu Penghargaan Presiden RI untuk Daerah Berkinerja Baik.

Dalam sambutannya, KSK menegaskan Seorang pemimpin bukan hanya bekerja untuk diri sendiri, melainkan bagaimana lembaga pemerintah dapat bekerjasama untuk memajukan suatu daerah.

“Harus saling menghargai sesama pemimpin, siapapun yang kelak memimpin Konawe tetap harus bersatu” tegas KSK.

“Seluruh elemen anak bangsa mari kita dukung bersama membangun Sultra, kita jaga terus karena Provinsi Sultra masa depan Bangsa Indonesia”

Selama 10 tahun masa jabatannya, Kontribusi KSK luar biasa untuk Kabupaten Konawe, sebuah janji yang telah selesai Ia tepati sebagai Pemimpin daerah, janji yg ia realisasikan secara nyata dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Konawe.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page