oleh

Pemerintah Yunnan Cina Jajaki Kerja Sama Dengan Pemkab Konawe

Redaksi

UNAAHA – Sektor pertanian di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) memegang peranan vital untuk ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

Dengan potensi pertanian yang menjanjikan, membuat pemerintah Yunnan Cina, menyatakan ketertarikannya terhadap potensi pertanian di daerah lumbung beras Sultra itu.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, pada 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Yunnan pada sektor pertanian.

Hal ini, karena potensi pertanian di Konawe sangat baik dan strategis, lahannya yang subur juga iklimnya yang sangat mendukung.

“Untuk mengenjot sektor pertanian di daerah kita, Pemerintah Yunnan siap menyalurkan bantuan pertanian sebagai bentuk kerja sama. Tapi saya katakan kepada mereka, bantuan yang hendak diberikan di stop dulu sebelum ada kesepakatan kedua belah pihak,” terangnya, Kamis (27/12/2018).

Dikatakannya, beberapa waktu lalu dirinya mendapat undangan ke Kota Yunnan guna membahas kerja sama yang akan dijalin, namun dirinya belum ada kesempatan untuk menghadiri undangan pemerintah Yunnan, dengan alasan sebelum dilanjutkan pembahasan kerjasa sama, pihak Pemerintah Yunnan harus terlebih dahulu melakukan peninjauan lapangan untuk melihat potensi-potensi pertanian di Konawe.

“Kalau masalah bentuk kerja samanya seperti apa, saya belum tahu. Karena saya sampaikan ke mereka untuk turun dulu melihat lokasi persawahan kita, hasil panen dan produksinya seperti apa, setelah itu baru kita bahas bentuk kerja samanya seperti apa kedepannya,” jelas Mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Kata dia, sektor pertanian di Konawe memiliki potensi yang sangat besar. Untuk itulah, berbagai terobosan strategis terus dilakukan dalam mendukung peningkatan produksi pertanian, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terjamin. Dimana, sektor pertanian terus berkembang dan Pemkab Konawe menempatkan sektor ini sebagai salah satu prioritas.

“Saya sangat optimis jika sektor pertanian tumbuh dengan baik, maka akan memberikan kontribusi positif bagi daerah kita,” tutupnya.


Terkini