oleh

Pemkab Bombana Kembangkan Opal, Ini Tujuannya

Reporter: Hasrun
Editor: La Ode Adnan Irham

RUMBIA – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, mengembangkan Obor Pangan Lestari (Opal) di area kantor setempat dengan membuat rumah bibit hortikultura.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bombana, Rusdiamin Basite, ketika di temuai di ruang kerjanya, Jum’at (3/1/2020) menjelaskan, Opal merupakan program Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang harus dijalankan dinas di provinsi dan kabupaten kota.

“Tujuannya untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai penyedia pangan, dan juga sebagai percontohan bagi masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya telah membudidayakan berbagai macam tanaman holtikutura di area kantor, mulai dari cabai, lada, tomat, daun bawang hingga sawi dan berbagai jenis sayur lainnya.

“Kita manfaatkan lahan dengan cara polibek, dan juga hidroponik, kita sudah satu kali panen 2019 lalu,” katanya.

Menurutnya, Opal juga merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kebutuhan pangan. Apalagi, setiap tahunnya ketersediaan area lumbung pangan makin berkurang.

Tak sampai disitu, Dinas Ketahanan Pangan juga telah membentuk kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kecamatan Poleang Utara dan Kecamatan Lantari Jaya.

“Ada petugas kita yang mengontrol di sana. Disana juga punya rumah bibit hortikultura,” ujarnya.

Terakhir, setiap pekan perkembangan Opal hortikultura dlaporkan ke provinsi, provinsi kemudian melaporkan ke Kementan. (B)

Terkini