BOMBANADaerah

Pemkab Bombana Raih Penghargaan SAKIP

244
Bupati Bombana saat menerima penghargaan SAKIP. Foto: Istimewa.
Bupati Bombana saat menerima penghargaan SAKIP. Foto: Istimewa.

Reporter: Hasrun

BOMBANA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali mendapat penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Award atas keberhasilannya dalam tata kelolah APBD.

Penghargaan itu diberikan di Ballroom Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin 24 Februari 2020 dengan predikat B. Pengharagan tersebut, atas berbagai capaian, mulai perencanaan, penganggaran hingga pelaporan pertanggung jawaban dan kinerja efektif, efisien.

Sistem penilaian akuntabilitas kinerja Instansi pemerintahan, sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Pengharagan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo dan diterima Bupati Bombana H Tafdil.

Prestasi akuntabilitas tersebut, tergolong menanjak. Tafdil diklaim sukses menggenjot kinerja OPD yang ia pimpin. Sebab, penilaian tahun anggaran 2018 lalu, Bombana mendapat Nilai C dengan skor 50,23. Namun pada Pelaksanaan SAKIP Award 2019 tahun 2020 ini, Bombana mampu menyabet nilai B dengan skor 62.

“Penghargaan ini akan jadi spirit, untuk terus meningkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran kita, guna mewujudkan dimensi pembangunan Bombana ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Tafdil usai menerima penghargaan.

Dijelaskannya, rapor SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran dan pertanggungjawabannya dalam memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

“Dalam rapor tersebut, Kementerian PAN-RB juga memberikan rekomendasi sebagai panduan bagi pemerintah daerah, agar mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kepentingan masyarakat,” tandasnya.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version