NEWS

Pemkab Buton Utara Tinjau Jalan yang Terputus Akibat Banjir

346
×

Pemkab Buton Utara Tinjau Jalan yang Terputus Akibat Banjir

Sebarkan artikel ini

 

Reporter: Laode Yus Asman

BUTON UTARA – Bupati Buton Utara (Butur), Muh. Ridwan Zakariah didampingi Wakil Bupati Ahali bersama sejumlah pimpinan OPD meninjau ruas jalan penghubung Kecamatan Kulisusu Utara dengan Kecamatan Wakorumba Utara yang putus akibat banjir pada Minggu, 20 Juni 2021.

Peninjauan ini dilakukan guna melihat langsung kondisi jalan yang terputus disertai longsor da sebagian menimbun ruas jalan penghubung antara kedua kecamatan.

Dari pantauan, akses jalan penghubung tersebut tidak bisa dilalui kendaraan, terutama dari arah desa Torombia, Kecamatan Kulisusu Utara karena tertimbun material tanah, batu, dan batang pohon.

Longsor terjadi disebabkan curah hujan yang tinggi selama sepekan berturut sejak Juni. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, akan tetapi warga desa setempat mengalami kesulitan untuk memasarkan hasil produksinya.

Kondisi jalan yang terputus akibat banjir

Ruas jalan Wakorumba Utara-Wadeburi merupakan jalan pantai utara (Pantura) pulau Buton yang rawan longsor. Setiap musim penghujan, jalur pantura tersebut selalu terjadi banjir dan longsor menutupi jalan. Kondisi jalan sendiri berkelok dan naik turun mengitari tebing pantai.

Sambil menunggu alat berat diturunkan untuk mengatasi timbunan longsor, para pengguna kendaraan yang melintas di jalur tersebut untuk sementara harus memutar menuju Jalan Maligano, Kabupaten Muna, karena tidak ada jalan alternatif lain.

Turut pula hadir dalam peninjauan itu, di antaranya Kepala Bappeda Harmin Hari, Kadis Perhubungan La Madia, Kadis Kesbangpol Agus Pria Budiana, Plt. Kadis Transmigrasi Amimudin, serta unsur Dinas PU dan BPBD Kabupaten Butur. (C)

You cannot copy content of this page