oleh

Pemkab Butur Lakukan Kunker ke Buteng Guna Kajian Antara Daerah

Reporter : Yus Asman
Editor: Sardin.D

BUTON UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dalam rangka kajian antara daerah.

Tim kajian antar daerah dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Butur Muh. Hardhy Muslim, didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata Mansur, Kepala Bappeda Harmin Hari, Kadishub Tayeb, bersama Wakil Ketua TP.PKK Butur Amalia Ahali dan rombongan, serta sejumlah pengurus Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Butur.

Kunjungan kerja perdana Pemda Butur disambut oleh Sekretaris Daerah Buteng Konstantinus Bukide, bersama Ketua TP. PKK Buteng Jusniar Samahudin dan sejumlah pimpinan OPD terkait bertempat di Rumah Jabatan Bupati Buteng. Selasa, 28 September 2021.

Sekda Butur Hardy Muslim mengungkapkan tujuan Pemerintah Kabupaten Buton Utara berkunjung ke Kabupaten Buteng untuk meninjau langsung dan menggali informasi mengenai pengelolaan pariwisata yang dimiliki Buteng dan beberapa hal yang sangat spesifik yang patut dipelajari terkait perdagangan dan kerajinan tenun.

“Sekalipun usia terbentuknya Kabupaten Butur lebih awal, tidak perlu malu hati untuk belajar kepada daerah yang lebih muda usia pemekarannya,” ungkap sekda Butur Hardhy Muslim.

Sekda Butur Hardhy Muslim menjelaskan Ada hal unik dan spesifik yang bisa dipelajari di Buteng, misalnya bidang perdagangan, sektor ini cukup maju dan berkembang di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurutnya, dominasi pelaku usaha perdagangan buteng telah berhasil menyebar dan tumbuh di pasar-pasar Kabupaten/Kota yang ada di Sultra.

Sekda Butur juga mengungkapkan rasa terimakasih atas penyambutan dan tawaran dari Pemkab Buteng untuk mengunjungi tempat wisata dan kampung tenun yang ada di Buteng.

“Semoga dengan adanya kunjungan ke objek wisata, bisa menjadi pembanding serta memiliki nilai tambah untuk kemajuan sektor pariwisata dan kerajinan yang ada di Buton Utara”,harapnya.

Diwaktu yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Buteng, Konstantinus Bukide dalam sambutannya pada saat menerima kunjungan Pemda Butur menginformasikan kondisi umum Kabupaten Buteng terkait sejumlah potensi yang dimiliki Buteng, baik mengenai sektor perdagangan, perindustrian dan pariwisata yang berada di Kabupaten Buteng.

Sekda Buteng juga memberikan informasi umum kepada jajaran Pemkab Butur mengenai berbagai obyek wisata yang dapat dikunjungi dan dinikmati setelah penyambutan kunjungan berakhir.

Beberapa objek wisata yang ditawarkan yakni Permandian Maobu, Kampung Tenun Desa Watorumbe Bata Kecamatan Mawasangka Tengah, Pantai Mutiara Kecamatan Mawasangka dan Wisata Alam Gua Koo.

Setelah penyambutan berakhir dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari Dekranasda Buton Utara melalui Wakil Ketua TP. PKK Butur Ibu Amalia Ahali diterima oleh Ketua TP.PKK sekaligus Ketua Dekranasda Buton Tengah Ibu Jusniar Samahudin, dan langsung mengunjungi objek wisata dan kampung tenun di daerah kecamatan Mawasangka Tenga dan Kecamatan Mawasangka.

Terkini