NEWS

Pemkab dan DPRD Konawe Tetapkan KUA PPAS Tahun 2023 Sebesar Rp 2,1 Triliun

4521
×

Pemkab dan DPRD Konawe Tetapkan KUA PPAS Tahun 2023 Sebesar Rp 2,1 Triliun

Sebarkan artikel ini
Penyerahan KUA PPAS 2023 oleh Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin (kanan) Kepada Sekda Konawe, Ferdinand Sapan (kiri). Foto : Ist

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, telah menetapkan bersama Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Konawe tahun 2023 sebesar Rp. 2,1 Triliun.

Rancangan KUA-PPAS APBD Kabupaten Konawe Tahun 2023, telah sesuai Pasal 89 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019, Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) disusun berdasarkan RKPD. Dalam rancangan APBD Konawe tahun 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, melihat pembahasan KUA PPAS agak berbeda dengan sebelumnya.

Baca Juga : DPM-PTSP Konsel Dorong Pelaku Usaha Daftarkan Usahanya Lewat Sistem OSS

“Tidak seperti yang lalu kita hanya berfokus pada posisi output. Namun, pada pembahasan kali ini kita terlebih dahulu mengupas tuntas kebijakan umum, yang mendasari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dirinya menambahkan, hal ini akan mendorong kualitas penganggaran Kabupaten Konawe Tahun 2023. Berbagai dinamika yang berkembang dalam pembahasan, juga akan semakin menambah kualitas konstruksi belanja Konawe tahun 2023.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, tahun 2022 merupakan pemilihan strategis, atas evaluasi sejauh mana pencapaian yang telah diperoleh. Apa yang telah dirumuskan dalam KUA PPAS 2023, didasarkan atas komitmen dan kemitraan yang kuat.

“KUA PPAS dirancang lebih fleksibel dalam mengakomodasi, sumber-sumber pendapatan daerah yang dalam beberapa waktu kedepan kita dapatkan kepastian proyeksinya,” jelasnya.

Baca Juga : ASN yang Tak Disiplin Masuk Kantor, Pj Mubar : TPP Bakal Kita Potong

Sementara itu, Ketua DPRD Konawe, Dr Ardin mengungkapkan, rancangan APBD Konawe Tahun 2023 sebesar Rp2.1 triliun. Sebelumnya, Pemkab Konawe memproyeksi sebesar Rp2.2 triliun.

“Dimana pendapatan daerah sebesar Rp260 miliar sekian, kemudian pendapatan transfer Rp1.8 triliun dan pendapatan lainnya Rp1.7 miliar sekian,” ungkapnya.

Sebagai informasi pembahasan KUA-PPAS, dilakukan dalam Rapat paripurna pembahasan KUA PPAS dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Ardin, yang di dampingi oleh Wakil Ketua I Kadek Ray Sudiyani, Wakil Ketua II Rusdianto, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab.Konawe Ferdinand Sapan.

Bahkan turut hadir dalam rapat pembahasan tersebut yakni, Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi, S.IK., dan sejumlah anggota DPRD dari lima fraksi.

 

Penulis : Muhammad Ilwanto

You cannot copy content of this page