oleh

Pemkab Kolaka Utara Raih Penghargaan SAKIP 2021 dari Kemenpan RB

-NEWS-341 dibaca

 

Reporter: Pendi

KOLAKA UTARA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara terkait kinerja instansi pemerintahan.

Sekda Kolaka Utara, Taufiq Sonda mengatakan, penghargaan tersebut bakal diterima Pemkab Kolaka Utara pada 22 April 2021 di Jakarta.

“SAKIP adalah salah satu Awards dalam mengevaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Dan ini sudah ada awardsnya tiap tahun yang diberikan pemerintah pusat melalui Kemenpan RB,” terang Taufiq di kediamannya beberapa waktu lalu.

Menurut Taufiq, Pemkab Kolaka Utara mendapatkan penghargaan ini karena sudah bekerja sesuai dokumen administrasi pemerintahan dan berdasarkan petunjuk yang telah ditentukan.

Taufik mengaku, Pemkab Kolaka Utara merupakan satu-satunya di Sulawesi Tenggara yang ditunjuk Kemenpan RB untuk menerima penghargaan SAKIP.

“Karena dalam rilis informasi Kemenpan RB bahwa Kolaka Utara dinilai dan dianggap salah satu yang terbaik dalam penilaian SAKIP-nya,” terangnya.

Ia mengungkap, beberapa hal yang menjadi indikator dalam pemberian penghargaan tersebut, yakni penyusunan dokumen laporan baik dari sistem dokumen perencanaan sampai sistem pelaporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan.

Untuk diketahui, Pemkab Kolaka Utara sebelumnya sudah pernah menerima penghargaan tersebut. Pada tahun 2019 Kolaka Utara naik ke Grade B yang awalnya hanya mendapat Grade C pada tahun 2018.

“Walaupun pada tahun 2021 ini kita masih berada pada Grade B, tetapi lebih baik lagi nilainya dari tahun 2020,” tutupnya. (C)

Terkini