oleh

Pemkot Bakal Tertibkan Mobil Tambang yang Melintas di Kendari

KENDARI – Banyaknya mobil tambang yang memuat material dari Moramo Kabupaten Konawe Selatan menuju Morosi Kabupaten Konawe berdampak pada kerusakan jalan di Kota Kendari.

Plt Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, banyak pengaduan dari masyarakat terkait operasi mobil tambang yang melintasi jalur dalam kota yang berimbas pada kerusakan jalan sehingga pihaknya perlu mengambil tindakan.

“Seperti kerusakan jembatan yang kita bangun beberapa titik di dalam kota, itu karena beratnya mobil pengantar material tambang,” ucapnya ke awak media saat ditemui di kantornya, Rabu (5/9).

Ia juga menambahkan, bukan hanya kerusakan jalan, namun polusi juga sebagian dihasilkan dari mobil pengatar material tambang tersebut.

“Selain itu, mobil perusahaan tambang banyak mengganggu aktivitas masyarakat yang menggunakan jalan. Jangan mereka saja (pihak tambang, red) dapat enaknya, masyarakat kita dapat imbasnya, kami akan bicarakan ini dengan pihak tambang,” tutur Sulkarnain.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Kota Kendari dari Fraksi Partai Golkar, Muhammad Ali mersepon bakal menyampaikan ke pemerintah agar secepatnya menertibkan mobil tambang yang beraktivitas siang dan malam di Kota Kendari.

“Mobil perusahaan yang mengangkut batu moramo menuju Morosi dan begitu juga sebaliknya yang melintasi jalan Kota Kendari diperkirakan beratnya 8 ton, sehingga ini membuat jalan rusak,” tutupmya.(a)


Reporter: Iswanto

Terkini