oleh

Pemkot Baubau Belum Terima Surat Mendagri Soal Bantuan Buat NTB

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau belum menerima surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo perihal permintaan bantuan keuangan pemerintah daerah untuk diberikan kepada Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terkena musibah berupa bencana gempa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muhtar mengatakan, belum mengetahui perihal surat dari Mendagri. Dirinya bahkan belum menerima maupun melihat surat tersebut.

“Saya belum lihat dan menerima suratnya. Jadi, kita belum tahu isinya,” kata Roni, Jum’at (24/8/2018).

Dia juga menuturkan, sesuai prosedur, surat dari pemerintah pusat lazimnya terlebih dahulu masuk keruangan Sekda. Kemudian langkah selanjutnya, pihaknya mempelajari maksud surat, lalu meminta petunjuk Wali Kota untuk menentukan langkah Pemkot.

“Kalau sudah tiba dimeja, saya akan pelajari isinya nanti. Kemudian sebagaimana mekanisme berlaku, saya koordinasikan dengan pak Wali dan menunggu arahan beliau,” tandasnya.

Diketahui, berdasarkan informasi yang beredar luas di jagad maya, surat itu bernomor: 977/6132/SJ tertanggal 20 Agustus 2018. Mendagri berharap Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia dapat memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan memperhatikan kemampuan keuangan masing-masing daerah.

Bupati/Wali Kota dapat memanfaatkan saldo Sisa Lebih Perhitungan (Silpa) APBD 2017 dan atau menggeser belanja tidak terduga atau menjadwal program yang kurang mendesak di APBD 2018.(a)


Reporter : Ardilan

Terkini