oleh

Pemkot Baubau Mulai Seleksi Atlit untuk Berlaga di Ajang Poknas

-NEWS-118 dibaca

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan seleksi atlit tingkat usia pelajar untuk berlaga di ajang Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (POPNAS) tahun 2021.

Dalam seleksi tersebut, tiga cabang olahraga (cabor) yaitu atletik, sepak takraw dan bola volly dibuka untuk seluruh pelajar yang memiliki bakat dimasing-masing Cabor tersebut.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan secara khusus untuk cabor atletik dan sepak takraw, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra memberikan mandatkan kepada Kota Baubau untuk menjadi wakil Sultra dalam Popnas mendatang.

Kepercayaan itu, kata Monianse, tidak akan disia-siakan oleh pihaknya untuk mendulang banyak prestasi.

“Pertimbangan ini sangat rasional karena cabang olahraga atletik dan sepak takraw di kota Baubau sudah menunjukan prestasi terbaik,” ucap Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dikonfirmasi usai membuka giat Seleksi Pengembangan Kapasitas Daya Saing Keolahragaan Kejuaraan atletik U-21 se-Kota Baubau di Stadion Betoambari, Jum’at 19 Februari 2021.

Orang nomor dua di daerah eks pusat Kesultanan Buton ini juga tidak lupa berpesan agar para atlit serius berkompetisi dan bersaing secara sehat agar dapat mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

“Jaga semangat dan stamina agar tidak terdampak corona. Tapi paling penting diingat selalu menjaga silaturrahmi, saling menghormati dan saling menghargai sesama atlet,” ujar politisi PDIP itu.

Ditempat sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraha (Dispora) Kota Baubau, La Ode Darusalam menambahkan Pemprov Sultra bukan tanpa alasan memberikan mandat agar Kota Baubau menjadi wakil Sultra di ajang Popnas nanti.

Hal ini dikarenakan, beber Darussalam, berdasarkan prestasi yang sudah terbukti. Salah satunya keberhasilan atlit sepak takraw asal Kota Baubau, Husni Ubah serta torehan juara dua umum dari cabor atletik.

Sedangkan untuk cabor Volly, kata Darussalam, juga akan disiapkan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra 2022 mendatang.

“Khusus tim sepak takraw bagi pelajar akan uji tanding dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) yang ada di Kota Kendari untuk mencari tim mana yang layak berlaga nanti,” katanya.

Ia menambahkan seleksi ini melibatkan tim juri yang kompeten dibidangnya masing-masing.

Sebagai informasi, rincian cabor sepak takraw berjumlah 12 tim putra dan putri untuk tingkat SMA dan SMP dimana seleksinya akan berlangsung di Madrasah Aliya Negeri (MAN). Sedangkan cabor atletik kurang lebih berjumlah 50 peserta, dengan lokasi seleksi bertempat di stadion atletik Betoambari selama 20-22 Februari.

Sementara untuk cabor bola volly, seleksi diikuti lima sekolah SMA dan SMK, putri berjumlah sembilan club dan putra delapan club bertempat di Kotamara serta berlangsung mulai dari 22-28 Februari 2021.

Terkini