oleh

Pemkot Baubau Siapkan Tempat Penyimpanan untuk Vaksin Covid-19

Reporter : Ardilan

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah menyiapkan tempat penyimpanan untuk vaksin Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Wahyu mengatakan pihaknya tengah mengupayakan lemari pendingin yang besar sebagai tempat menyimpan vaksin Covid-19.

Sebab, saat ini tempat penyimpanan vaksin yang dimiliki oleh Pemkot Baubau sudah terisi dengan vaksin reguler seperti polio dan sebagainya.

Wahyu menerangkan vaksin Covid-19 bisa rentan rusak sehingga pihaknya harus menyimpan vaksin tersebut ditempat yang suhunya benar-benar terjaga.

“Vaksin Covid-19 harus berada disuhu 2 sampai 8 derajat celcius. Kalau diatas itu bisa rusak,” ungkap Kepala Dinkes Kota Baubau, Wahyu Sabtu 19 Desember 2020.

Meski begitu, Wahyu mengaku sejauh ini pihaknya masih menunggu distribusi vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Ia juga belum bisa menjelaskan secara rinci terkait vaksin tersebut karena masih petunjuk Pemerintah Pusat.

Sedangkan untuk sumber daya manusia (SDM) yang mengoperasikan vaksin itu, kata dia, pihaknya sudah siap.

“Hanya tinggal diberi pelatihan sedikit buat penggunaan vaksin untuk warga prioritas dan bagaimana cara mempertahankan kondisi suhu vaksin biar tidak rusak. Ini penting untuk mengangkut vaksin dari Provinsi di bawa ke kota Baubau dengan tetap mempertahankan suhunya,” tuturnya.

Terkini