NEWS

Pemkot Kendari Bakal Benahi Pengelolaan Pasar Tradisional, Perumda : Kendalanya Diinternal

514
×

Pemkot Kendari Bakal Benahi Pengelolaan Pasar Tradisional, Perumda : Kendalanya Diinternal

Sebarkan artikel ini
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari gelar rapat terkait dengan rencana pengelolaan pasar yang akan dilakukan oleh Perumda Pasar Kota Kendari di Balai Kota Kendari pada Rabu, (04/01/2023).

Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan dari hasil paparan, terdapat beberapa permasalahan di pasar-pasar yng ada di Kota Kendari dan juga solusi yang ditawarkan oleh Perumda pasar.

“Selain itu ada beberapa masukan dari OPD terkait untuk menciptakan pasar yang berkontribusi, layak, bersih, dan nyaman bagi pembeli dan penjual. Ini hanya rapat perdana tentunya akan ada rapat tindak lanjut lagi untuk mendapatkan penjelasan teknis dari Perumda Pasar Kota Kendari,” katanya.

Menurutnya, ini hanya langkah awal dalam rangka pengelolaan pasar di Kota Kendari secara profesional terutama menjelang berakhirnya kontrak pengelolaan Pasar Kota Kendari oleh PT Kurnia dalam pengelolaan pasar basah Mandonga.

Ditempat sama, Direktur Utama Perumda Pasar Kota Kendari, Saipuddin menjelaskan secara umum permasalahan yang dihadapi pasar kota Kendari adalah masalah internal diantaranya adalah segi bangunan, penataan parkir, pengelolaan pendapatan yang belum dikelola secara maksimal.

“Ini menjadi kendala. Ini kedepannya akan kita benahi sehingga misalnya parkir dapat ditata sehingga tidak memberatkan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, permasalahan pasar saat ini berada dalam manajemen pengelolaan. Perkembangan zaman saat ini banyak bermunculan retail retail yang menawarkan kenyamanan, menjadi saingan terbesar pasar tradisional saat ini.

“Kita lakukan pembenahan mulai dari parkiran, melakukan pembersihan pasar, menciptakan keamanan dan kenyamanan sehingga masyarakat bisa bertahan di pasar tradisional walaupun fasilitas yang diberikan tidak seperti di pasar modern tapi setidaknya bisa bersaing dengan pasar modern yang ada,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page