NEWS

Pemkot Kendari Bakal Pindahkan Ratusan Pedagang di Kali Kadia Sebelum Lakukan Penataan

823
×

Pemkot Kendari Bakal Pindahkan Ratusan Pedagang di Kali Kadia Sebelum Lakukan Penataan

Sebarkan artikel ini

 

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pemerintan Kota (Pemkot Kendari bakal pindahkan ratusan pedagang di kawasan kali Kadia sebelum kawasan tersebut ditata.

Penjabat Walikota Kendari Asmawa Tosepu, mengungkapkan pedagang tersebut akan dipindahkan di beberapa tempat.

Salah satu lokasi yang masih bisa menampung pedagang tersebut adalah lokasi pasar pedagang kaki lima (PKL). Oleh sebab itu untuk mendukung hal tersebut, Asmawa meminta agar sebelum pemindahan dilakukan, pasar PKL dapat ditata terlebih dahulu untuk menampung pedagang.

Menurutnya, saat ini kondisi Pasar PKL masih bisa menampung banyak pedagang, sehingga bisa menampung pedagang kuliner dan pedagang buah yang berjualan di kawasan kali Kadia.

“Sehingga butuh dukungan sejumlah OPD diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perdagangan dan Dinas Lingkungan Hidup. Dinas PU bisa meminjamkan alatnya untuk meratakan lahan Pasar PKL yang masih bergelombang,” ungkapnya.

Dirinya juga meminta ketua Satgas Asisten I dan Kepala BPBD untuk membantu merapikan pohon ada di pasar PKL tersebut.

“Yang membutuhkan penanganan khusus hanya lapak penjual ikan dan daging yang rusak kena angin puting beliung,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan, sebelum para pedagang kali Kadia pindah di Pasar PKL, ia meminta, Dinas Perdagangan bersama pengelola Pasar PKL untuk melengkapi sejumlah fasilitas ditempat tersebut.

Dia juga meminta Dinas lingkungan hidup untuk mengatur pengangkutan sampah jika pembongkaran sayur telah dilakukan di Pasar PKL.

“Dinas perdagangan minta tolong dilengkapi fasilitas yang ada di sana, seperti, air bersih, lokasi berjualan dan listrik. Agar pedagang yang pindah nanti bisa beraktivitas dengan nyaman,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari Alda Kesutan Lapae menjelaskan, saat ini Pasar PKL masih bisa menampung sekiranya 100 pedagang dari kawasan kali Kadia.

Menurutnya pasar ini memiliki lapangan parkir yang luas, cukup untuk bongkar sayur seperti yang direncanakan Pj Wali Kota Kendari.

“Sekarang kendala yang dihadapi di sana listriknya selalu padam, termasuk penambahan sumber air untuk menyuplai kebutuhan pedagang,” pungkasnya.

Selain Pasar PKL untuk pedagang buah dan kuliner, para pedagang di kawasan kali Kadia akan dipindahkan dibeberapa lokasi di antaranya, pedagang sembako di Pasar Wayong Kadia, pedagang unggas dan ikan di Pasar Punggolaka dan pedagang tanaman hias di Kelurahan Talia sekitar jembatan Bungkutoko.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page