NEWS

Pemkot Kendari Gelar Forum OPD Bahas Program Prioritas RKPD 2024

626
×

Pemkot Kendari Gelar Forum OPD Bahas Program Prioritas RKPD 2024

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari gelar forum OPD sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD.

Kegiatan ini digelar di salah satu hotel di Kota Kendari pada Kamis, (09/03/23). Penjabat Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan beberapa peraturan terkait dengan penyusunan dokumen perencanaan ditingkat pemerintah.

“Hal yang menjadi fokus dalam pembahasan forum OPD ini adalah program prioritas yang harus ada dalam rencana kerja pemerintah daerah sebagai dasar untuk penyusunan APBD tahun 2024, jadi ini memang menjadi landasan dasar dalam penyusunan program pemerintah kota,” katanya.

Program prioritas diantaranya adalah infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, perikanan, kebencanaan, dan kesehatan. Dalam konteks tersebut, Asmawa mengatakan pihaknya akan memfokuskan untuk memastikan apa saja yang ada dalam RPD 2023-2026, pasalnya Pemkot saat ini tidak mempunyai RPJMD karena masa transisi.

“Maka dipastikan bahwa program prioritas OPD yang akan dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah daerah itu sudah bisa mengakomodir apa yang ada dalam RPD sehingga simultan,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menekankan pemerintah harus bersama-sama mempunyai komitmen untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai role model atau daerah percontohan dari 40 kabupaten kota yang ada di Indonesia.

“Jumlah kota 514 tapi hanya dipilih 40 kota dan Alhamdulillah salah satunya Kota Kendari sebagai role model pembangunan pengelolaan kota yang berkelanjutan,” bebernya.

Ada beberapa aspek yang disampaikannya diantaranya bagaimana pihaknya mampu memastikan integrasi program prioritas dan strategis dalam satu dokumen perencanaan , bagaimana menyusun dan melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai arahan kebijakan dalam pembangunan kota, bagaimana penataan kawasan pemukiman.

“Karena posisi kita sebagai ibukota provinsi itu hari kehari diserbu oleh warga dari luar kota dan ingin bermukim di kota Kendari sehingga kita harus menata pemukimannya,” ucapnya.

Kemudian aspek yang lain adalah bagaimana membangun inovasi secara berkelanjutan.

Dia mengaharapkan hal tersebut juga menjadi pembahasan dalam RPD yang nantinya akan menjadi cikal bakal RKPD tahun 2024.

“Saya harapkan seluruh pimpinan OPD termasuk camat untuk serius karena ini menentukan arah pembangunan tahun 2024,” pungkasnya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page