NEWS

Pemprov Sultra Bakal Gelar Napak Tilas Pahlawan Oputa Yi Koo

704
Kadis Pariwisata Prov Sultra, Belli HT

KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) rencananya dalam waktu dekat ini bakal menggelar event napak tilas Oputa Yi Koo dalam rangka mengemang satu-satunya pahlawan nasional yang ada di Sultra.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli HT menjelaskan pada event tersebut nantinya akan dilakukannya penelusuran jalan tempat di mana dahulu ia melakukan peperangan agar masyarakat dapat merefresh kembali jejak-jejak sejarah perjuangannya selama mempertahankan tanah Wolio untuk terhindar dari penindasan penjajah.

Baca Juga : Pemkot Baubau Gelar Napak Tilas Perjalanan Arung Palaka di Tanah Buton

“Nanti itu akan menelusuri jalannya ketika dulu dia berperang sampai ke makamnya beliau di puncak gunung sioantapina,” ujarnya seusai menjadi pemateri di kegiatan HIPMI Ramadhan Fair, Senin 18 April 2022.

Rencananya event tersebut bakal digelar pada 22 sampai 28 Mei 2022 ke depan dengan menargetkan melakukan perjalan selama dua hari dengan jarak kurang lebih sepanjang 28 Kilo meter yang bakal diikuti oleh 200 tim yang terdiri dari berbagai daerah.

Event ini merupakan kegiatan terbesar yang dimiliki pemprov di tahun 2022 ini dengan mengundang dari berbagai daerah serta empat mentri untuk ikut hadir, menyaksikan, dan merasakan event tersebut. Sedangkan untuk kesiapannya, saat ini telah mencapai sekitar 60 sampai 70%.

Baca Juga : 504 Napi di Lapas Kendari Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

Targetnya penelusuran itu akan diikuti sekitar 200 tim yang berasal dari berbagai daerah, dengan jarak tempuh kurang lebih 28 kilo meter dengan menargetkan perjalan penelusuran selama 2 hari.

Ia berharap nantinya akan adanya keterlibatan dengan masyarakat yang lebih agar bisa bersama-sama mendorong serta mempromosikan pariwisata di Sultra untuk dikenali baik di tingkat nasional maupun internasional.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version