NEWS

Pemprov Sultra dan Jatim Jalin Kerjasama

351
×

Pemprov Sultra dan Jatim Jalin Kerjasama

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kegiatan Misi Dagang dan Investasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar di Kota Kendari membukukan komitmen transaksi yang mencapai Rp 75,5 miliar di antara pelaku usaha kedua provinsi. Selain komitmen transaksi pelaku usaha, kedua provinsi ini juga menandatangani 13 kesepakatan kerjasama yang akan dijalankan organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing.

Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak, masing-masing mewakili kedua daerah menandatangani kesepakatan kerjasama yang bertempat disalah satu hotel, Kamis 23 Juni 2022.

Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim atas terselenggaranya kegiatan misi dagang untuk pertumbuhan ekonomi di kedua daerah.

Baca Juga : Kepala Bappeda Sultra Sebut Ada Potensi Terjadi Kekosongan RPMJD 

“Suatu kehormatan bagi Sultra terpilih sebagi salah satu daerah mitra kerjasama dagang Provinsi Jatim baik untuk produk komoditi unggulan, maupun produk industri dan perdagangan di masing-masing daerah,” ujarnya.

Gubernur Ali Mazi juga mengatakan kegiatan misi dagang sejalan dengan kebijakan pembangunan daerah Sultra Tahun 2018-2023 yaitu mewujudkan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi serta meningkatkan produktifitas dan kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Bagi saya, kegiatan ini sebagai ajang untuk menjalin kemitraan bisnis, promosi dan pemasaran berbagai produk dan komoditi yang dihasilkan Sultra serta menjadi ajang promosi potensi dan peluang investasi di berbagai sektor unggulan di Sultra. Realisasi investasi di Sultra pada tahun 2021 mencapai Rp 21,29 triliun,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak menuturkan Ini merupakan peluang bagi Sultra untuk meningkatkan nilai tambah komoditas pertambangannya, terutama nikel, untuk memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan kendaraan listrik.

“Masih banyak lagi yang diharapkan tentunya seperti kelapa sawit, pala, tanah liat, kopra, arang batok kelapa, biji besi, disuplai ke Jawa Timur dan kita menyuplai kendaraan bermotor, bahan pokok dan rokok,” imbuhnya.

Wagub Jatim berharap, pertemuan misi dagang tersebut tidak berhenti pada momentum itu saja. Diharapkan, komunikasi dapat lebih diintensifkan kedua daerah.

Baca Juga : Cegah Balap Liar, Polresta Kendari Siapkan Lomba

Dengan Total komitmen transaksi senilai Rp 75,5 miliar berasal dari berbagai komoditi, yakni rumput laut (Rp 36 miliar), baby cumi, ikan layang, dan ikan campuran (Rp 17,4 miliar), arang batok kelapa (Rp 8,1 miliar), benur vaname (Rp 7,5 miliar), biji kacang mete (Rp 3 miliar) dan rokok (Rp 3,5 miliar).

Diketahui 13 kesepakatan kerjasama (MoU) yang ditandatangani masing-masing pimpinan OPD yaitu dinas perindustrian dan perdagangan, dinas koperasi dan UMKM, dinas kelautan dan perikanan, dinas tanaman pangan dan peternakan (2 MoU), dinas perkebunan dan hortikultura (2 MoU).

Selanjutnya, dinas ketahanan pangan, dinas penanaman modal dan PTSP, dinas komunikasi dan informatika, dinas pariwisata, dinas kehutanan, dan badan pendapatan daerah.

 

Reporter: Sardin.D

You cannot copy content of this page