Pemprov Sultra Pastikan Penerimaan CPNS 2018 Tetap Ada

KENDARI – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Endang membeberkan bakal ada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018.

Ia menyebutkan, awalnya proses penetapan formasi penerimaan CPNS 2018 akan dilaksanakan di akhir Juni, namum hal tersebut dicancel pelaksanannya karena bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada serentak.

“Pembatalan ini untuk mengantisipasi suara-suara masyarakat di luar, bahwa perekrutan ini untuk kepentingan pilkada. Sehingga ditunda sampai pilkada selesai baru di umumkan, tetapi untuk proses input kebutuhan/anjabnya sudah kita masukan semua,” jelasnya.

Meski demikian, Endang mengaku, kemungkinan proses tahapan penerimaan CPNS 2018 akan diketahui pada Rapat Koordinasi (Rakor) di Kantor Pemprov Sultra Pastikan Penerimaan CPNS 2018 Tetap Ada.

“Mungkin kita akan ketahui proses tahapannya, bahwa ini kita mulai menerima berkas dan sebagainya kita sudah ketahui, besok kepastiannya. Inikan sebenarnya untuk pelamar umum di daerah berdasarkan sistem cerogroud, artinya berapa yang pensiun itu yang kita usulkan,” bebernya saat ditemui di Kantor Gubernur Sultra, pada Selasa (10/7/2018).

Endang juga memastikan, untuk Pemprov Sultra sendiri, jumlah ASN yang akan pensiun pada 2018 mencapai 400 orang lebih, sehingga Pemprov Sultra juga dapat mengusulkan jumlah kuota 400 orang untuk CPNS.

Namum kata Endang, Pemprov Sultra hanya mengusulkan 150 orang saja. Hal itu dilakukan, guna mengontrol anggaran daerah agar tidak habis karena belanja publik.

“Di satu sisi pembangunan yang lain tidak bisa berjalankan. Makanya kami hanya mengusulkan 150 orang, tetapi kabupaten/kota masing-masing mengusulkan banyak kok, karena kitakan hanya yang terkait dengan penetapan formasi, ini tidak semata-mata hanya soal kebutuhan saja,” urai Endang.

Dia juga mengatakan, jika saat ini Sultra sangat kekurangan sekitar 3000 tenaga guru.

“Sebenarnya yang kekurangan ini kita guru, kita kekurangan 3000 lebih. Tetapi kalau semua mau isi guru, itu nanti yang lain tidak bisa, jadi semua kita bagi habis dulu kebutuhan yang150 orang ini sesuai visi misi pemprov,” tutupnya.

Endang juga mengatakan jika kemungkinan proses tahapan penerimaan CPNS 2018 akan diketahui pada Rapat Koordinasi (Rakor) di kantor Gubernur Sultra, hari ini (10/7/2018).

“Mungkin kita akan ketahui proses tahapannya, bahwa ini kita mulai menerima berkas dan sebagainya kita sudah ketahui, besok kepastiannya. Inikan sebenarnya untuk pelamar umum di daerah berdasarkan sistem cerogroud, artinya berapa yang pensiun itu yang kita usulkan,” tutupnya.


Reporter : Rahmat R
Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total