oleh

Pemprov Sultra Rayakan HUT ke-56 Via Teleconference

-SULTRA-48 dibaca

Reporter: Rahmat R.

KENDARI – Berbeda dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun sebelumnya yang digelar selama sepekan dengan agenda puncaknya yakni Halo Sultra.

Pada peringatan HUT ke-56 di tahun 2020, momen penambahan umur jazirah Bumi Anoa ini hanya digelar dengan seremoni sederhana di Rujab Gubernur Sultra, Senin 27 April 2020.

Menyesuaikan kondisi darurat covid-19, upacara peringatan HUT ke-56 ini pun digelar dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan, yakni memanfaatkan teleconference.

Dari rujabnnya, Gubernur Sultra Ali Mazi bersama jajaran melangsungkan seremoni dan pembacaan sambutan HUT ke-56 dengan disaksikan anggota DPRD Sultra di Sekretariat DPRD Sultra.

Sementara itu, untuk 17 kepala daerah mengikuti momen bersejarah yang diperingati setiap tahun di tanggal 27 April ini dari rumah jabatan masing-masing di tiap daerahnya.

Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya, mengatakan peringatan HUT Sultra saat ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pemerintah masih fokus dalam penanganan covid-19.

“Untuk menghargai para pendahulu kita semua maka kita tetap merayakannya melalui teleconference. Ini untuk menumbuhkan rasa cinta kita terhadap daerah kita yang sudah genap berusia 56 tahun,” kata Ali Mazi.

Orang nomor satu di Bumi Anoa ini menuturkan, tepat 27 April 2020 Sultra genap berusia 56 tahun, perjalanan daerah ii telah melewati sejarah yang panjang dengan segala dinamikanya.

“Momen ini sekaligus mengingatkan kita bahwa ini dimaknai sebagai tetesan keringat dan perjuangan para pejuang kemudian dilanjutkan para gubenrur dengan akselerasi pembangunan,” ungkapnya.

Ali Mazi juga menjelaskan, dirinya ikut kehilangan momen semarak perayakan HUT Sultra. Sebabnya, virus Corona telah membatasi semua gerakan masyarakat di Sultra untuk ikut dalam perayaan ini.

“Biasanya HUT Sultra digelar di halaman Kantor Gubernur dengan berbagai acara. Tahun ini tidak dilaksanakan dengan kegiatan tersebut. Hal ini berdasarkan Himbauan Presiden, Maklumat Kapolri dan Himbauan Gubernur Sultra agar kegiatan dilakukan tanpa ada kumpul-kumpul atau keramaian,” terangnya.

Sementara itu, dalam sabutannya, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh meminta, dalam peringatan HUT Sultra agar masyarakat agar tetap fokus melawan Covid-19 dan memutus mata rantai penyebarannya

“Mari kita bahu-membahu baik masyarakat dan pemerintah demi mempersiapkan diri melawan Covid-19. Dibutuhkan kesadaran dan kedisplinan masyarakat agar semua ini segera berlalu,” ungkapnya./B

Terkini