oleh

Pemrov Sultra Targetkan BLK Kendari Bertaraf Internasional

Reporter: Taswin Tahang

KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menjadi lembaga pelatihan bertaraf internasional.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov Sultra akan memberikan lahan hibah agar dapat memperbanyak bangunan pelatihan.

“Saya akan beri lahan hibah, karena yang terpenting bagi kita bagaimana kita bisa menyerap tenaga kerja, dan sekarang dalam proses. Insya Allah bisa terealisasi tahun ini,” jelasnya Rabu, 3 Februari 2021.

Pemberian lahan hibah tersebut kurang lebih empat hektar yang merupakan kerjasama antar Pemprov Sultra dan Kemnaker RI.

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan, saat ini persiapan pengelolaan lahan hibah tersebut sedang dalam perencanaan desain dan master plan.

“Untuk dibuat insya Allah pertengahan tahun. Setelah gubernur sudah membukukan kita akan segera mulai membangun pembuatan workshop,” jelasnya.

La Ode Haji Polondu mengatakan, pembangunan BLK bertarap internasional tersebut untuk menyesuaikan kebutuhan ketenagakerjaan di Sultra. Dengan begitu, akan dibuka pula workshop bahasa yang salah satunya yakni bahasa Inggris.

“Penguasaan bahasa internasional atau bahasa Inggris, sehingga tenaga kerja bisa menyesuaikan kondisi dengan kebutuhan tenaga kerja ke depannya, baik dalam negeri maupun di negara lain,” terangnya.

“Tahun 2020 sudah dibuka workshop bahasa yang telah diikuti 16 orang, sekarang sementara pengusulan instruktur bahasa asing,” tambahnya. (b)

Terkini