NEWS

Pemuda Lingkar Tambang Empat Desa Pertanyakan Reklamasi Eks Lahan 11 IUP di Konut

1301
×

Pemuda Lingkar Tambang Empat Desa Pertanyakan Reklamasi Eks Lahan 11 IUP di Konut

Sebarkan artikel ini

KONUT – Pemuda lingkar tambang empat desa di Konawe Utara (Konut) mempertanyakan reklamasi di eks lahan 11 izin usaha pertambangan (IUP). Pasalnya, hingga saat ini kondisi alam di blok Mandiodo, mengalami kerusakan hebat sehingga kewajiban reklamasi perlu dijalankan.

Pemuda lingkar tambang di empat desa masing-masing desa Tapunggeaya, Mandiodo, Tapuemea, dan Mawundo mendesak agar reklamasi segera dilakukan.

Perwakilan pemuda lingkar tambang Leo mengatakan kondisi bekas galian penambangan yang dilakukan 11 perusahaan sangat memprihatinkan.

Ke-11 perusahaan yang dimaksud yaitu PT Sriwijaya Raya, PT Wanagon Anoa Indonesia, PT Sangia Perkasa Raya, PT Malibu, PT KMS 27, PT Jafar Indotech, PT James dan Armando Pundima, PT Mughni Energi Bumi, PT Rizki Cahaya Makmur, Ana Konawe CV dan PT Avery Raya.

“Bentang alam banyak berubah dan banyak lubang menganga yang dibiarkan begitu saja tanpa adanya upaya reklamasi dan perbaikan lingkungan,” kata Leo saat ditemui di Kendari, Minggu (28/11/2021).

Menurut Leo, jika bekas galian tersebut tidak segera direklamasi maka dampak kerusakan lingkungan akan makin parah.

Leo pun mendesak 11 perusahaan penambang di lahan yang kini menjadi milik PT Antam Tbk itu segera direklamasi.

“Karena berpotensi besar membahayakan lingkungan sekitar termasuk masyarakat dan makhluk hidup di sekitarnya,” tegasnya.

You cannot copy content of this page