Iklan Ramadhan Kominfo

Kabag Kesra Kota Kendari, Abdul Rauf. (Foto : Ruslan/mediakendari.com)

Pemkot Kendari Agendakan Gelar STQ Tingkat Kota

Reporter : Ruslan
Editor : Def

KENDARI – Sebagai bentuk persiapan mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengagendakan pada pekan depan akan menggelar STQ ke 25 tingkat Kota, hal ini diungkapkan Kabag Kesra Kota Kendari, Abdul Rauf.

Kata dia, STQ merupakan ajang mempersiapkan para qori-qoriah, hafiz-hafizah, mufassir-mufassir dan muhaddits-muhadisah yang akan menjadi wakil Kota Kendari untuk mengikuti STQ tingkat Provinsi.

“Jadi STQ merupakan kegiatan pemuliaan yang dilakukan berjenjang dari tingkat kecamatan hingga nasional,” ungkapnya kepada mediakendari.com, Jumat (08/02/2018).

Selain itu, lanjutnya, lomba STQ ini menjadi ajang kompetisi untuk menyiapkan bibit unggul perwakilan Kota Kendari untuk mengikuti STQ tingkat provinsi dan nasional nantinya.

“STQ ini bertujuan meningkatkan wawasan dan keterampilan para qori-qoriah, hafiz-hafizah, mufassir-mufassir dan muhaddits-muhadisah dalam memahami dan mengaplikasikan Alquran. Termasuk, dakwah syariat islam,” tuturnya.

STQ rencananya dimulai pada 13 sampai dengan 16 Februari yang akan berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Walikota Kendari, Aula Bertakwa, Ruang Pola, Masjid Baitul Rahim Kantor DPRD Provinsi Sultra dan aula Kantor Kemenag Kota Kendari yang memperlombakan 5 cabang lomba.

“Kelima cabang lomba tersebut yakni Cabang Tilawah, Cabang Hifzil Al Quran, Cabang Tafsir Al Quran golongan Bahasa Arab, Cabang Musabaqah menghafal hadits, Cabang Pawai Ta’ruf yang di ikuti seluruh kelurahan di Kota Kendari,” jelasnya.

Ia menambahkan, kalau pawai Ta’ruf starnya dari Masjid Raya Al Kautsar Kendari dan finish di Kantor Walikota, yang akan di ikuti kurang lebih 2.000 peserta dari 65 kelurahan dan 11 kecamatan se Kota Kendari. Kafilah kecataman masing-masing diwakili Camat dan Lurah sampai akhir acara pembukaan.

“Abdul Rauf berharap kegiatan yang bakal dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar sehingga bisa melahirkan para Qori-Qoriah, Hafiz-Hafizah, mufassir-mufassirah dan muhadis-muhadisah kompeten yang bisa mewakili Kota Kendari pada STQ tingkat provinsi dan nasional nantinya,” tutupnya. (B)

Iklan kONAWE

error: Content is protected !!