Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha.(Foto: Mumun/Mediakendari.com).

Sembilan Belas SMP dan Satu MA di Konut Siap Laksanakan UNBK

Reporter : Mumun

Editor : Def

WANGGUDU – Sebanyak 19 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 1 Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar pada bulan April 2019 mendatang.

Baca Juga :

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konut, Lapeha mengatakan, jumlah SMP di Konut mencapai 38 sekolah, namun hanya 20 sekolah yang siap menjalankan UNBK, dan rencananya UNBK ini akan dipusatkan pada tujuh titik yakni di MA 1 Konut di Desa Kokapi Kecamatan Motui, SMP 1 Sawa, SMP 1 Molawe, SMP 1 Lasolo, SMP 1 Andowia, SMP 2 Asera, dan SMP 2 Lembo.

“Sementara untuk 18 sekolah lainnya, ujiannya masih menggunakan sistem manual, karena persoalan listrik, jaringan seperti di kepulauan dan masalah fasilitas untuk UNBK belum ada,” kata Lapeha, Selasa (19/3/2019).

Baca Juga :

Lanjut Lapeha, 20 sekolah yang akan UNBK nantinya akan menggunakan sistem ship, yang dibagi dalam tiga ship atau tiga kali masuk. Dan saat ini sekolah yang akan melakukan UNBK sendiri telah selesai melakukan pelatihan kepada siswanya.

“Kita sudah uji coba, hari ini terakhir kita coba. Semoga ini berjalan baik mulai dari sisi listrik maupun jaringannya. Tapi kalau soal listrik kita sudah siapkan genset di sekolah. Komputernya juga kita sudah siapkan, bahkan kita kerja sama dengan SMA. Tahun ini ada 1.392 siswa di Konut yang akan ujian,” ujarnya. (A)