Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si. (Foto Ruslan/Mediakendari.com)

“Tangan Dingin” Prof Aminudin Mane, Lahirkan Alumni 87 Orang

Reporter : Ruslan
Editor : Kang Upi

KENDARI – Baru sebulan dikomandoi Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si, sebagai Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO), prestasi fakultas itu tersebut langsung melejit.

Betapa tidak, jika sebelumnya FHIL hanya mampu menelurkan alumni sebanyak 13 orang untuk satu periode wisuda, tapi pada wisuda periode Oktober 2018 – Januari 2019 kemarin, fakultas ini menelurkan alumni hingga 87 orang.

“Jadi selama ada FHIL itu paling banyak alumni 13 orang, tapi tahun ini sudah ada 87 alumni,” papar Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane dalam ramah tamah dan silaturahmi bersama orang tua wisudawan, Kamis (30/01/2019).

Profesor di bidang Agroklimatologi ini menjelaskan, pencapaiannya bisa diraih setelah dirinya membuat pemetaan permasalahan yang dialami mahasiswa, yang berpotensi menghambat laju dalam meraih toga akademik. Menurutnya, Ia menemukan adanya mekanisme birokratis yang berbelit-belit, yang harus dilalui mahasiswa sehingga berpotensi menghambat proses meraih gelar sarjana lebih cepat. Salah satunya, batas jumlah mahasiswa yang bisa ujian, yakni hanya tiga mahasiswa sehari.

“Kasian mahasiswa karena cuman mekanisme menjadi hambatan mereka untuk cepat selesai,” ujar Guru Besar UHO ini.

Dari hasil pemetaanya tersebut, Guru Besar yang juga menjabat sebagai Ketua Senat UHO ini langsung mengambil langkah berani dengan membuat aturan baru, untuk menambah jumlah mahasiswa yang hendak ujian akhir, menjadi 15 mahasiswa sehari.

“Saya pikir bagaimana caranya mahasiswa ini bisa cepat ujian akhirnya saya petakan dalam satu hari 15 orang kita bisa ujian,” papar Guru Besar dengan judul penelitian ilmiah “Strategi Adaptasi Berbasis Agroklimat untuk Mengantisipasi Kerawanan Pangan Akibat Perubahan Iklim di Wilayah Beriklim Kering”.

Kebijakan barunya ini terbukti mampu menelurkan alumni dengan jumlah yang meningkat tajam dari pecapaian sebelumnya di FHIL, sebanyak 87 orang, untuk pertama kalinya. Guru Besar ke 77 di UHO ini juga menjelaskan kepada para orang tua alumnus FHIL, jika ramah tamah dan silaturahmi yang digelarnya ini, baru pertama kali dilakukan, sebagai bentuk penghargaan bagi para orang tua yang telah mempercayakan pendidikan anaknya di FHIL.

“Saya mengajak para orang tua untuk lihat tempat dimana anak-anaknya mendapatkan ilmu, Suasana perkuliahan, gedungnya, dosennya. Mudah-mudahan dengan adanya acara hari ini bisa tergerak hatinya, bahwa mereka tidak sia-sia datang dari kampung ,” pungkasnya. (B)

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: