FEATUREDMUNA

Pengajuan SKCK Meningkat, Polres Muna Tambah Jam Kerja

515
×

Pengajuan SKCK Meningkat, Polres Muna Tambah Jam Kerja

Sebarkan artikel ini

RAHA – Pasca penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), banyak warga yang berbondong-bondong untuk melakukan pengajuan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Muna sebagai salah satu syarat pemenuhan berkas dalam pendaftaran CPNS tersebut.

Buktinya, baru saja sepekan terakhir pemohon SKCK itu mengalami peningkatan hingga mencapai 100 persen. Dari yang biasanya dalam sehari hanya sekitar 10 dan 20 pemohon, kini meningkat menjadi 60 bahkan ratusan.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga melalui Kasat Intelkam Polres Muna, IPTU Kaharudin Kaendo saat ditemui di ruang kerjanya, pada Kamis (20/9).

Kata dia, untuk mengatasi membludaknya pemohon, pihaknya telah menyiapkan pelayanan ekstra dengan menambah waktu jam kerja. Yang biasanya pelayanan dimulai sejak pukul 07:00 Wita sampai 14:00 Wita, kini bertambah tiga jam dengan berakhir pada pukul 17:00 Wita.

BACA JUGA: Muna Kebagian 290 Kuota CPNS, Berikut Formasi dan Syaratnya

“Semua itu kita lakukan demi kepuasan masyarakat, apalagi tiga wilayah Kabupaten yang ditangani, yakni Muna, Muna Barat (Mubar) dan Butur,” tutur Kasat Intelkam Polres Muna, IPTU Kaharudin Kaendo, Kamis (20/9).

Ia juga menyarankan, agar para pemohon tidak menggunakan calo pada proses pengajuannya. Karena hal itu dapat merugikan, sebab tarif yang telah ditetapkan sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) Nomor 60 Tahun 2016 adalah sebanyak Rp 30.000.

“Sesuai PP tersebut, tarif membuat SKCK adalah Rp 30.000, jadi jangan lagi pake calo karena kita tidak akan melayani yang seperti itu,” imbuhnya.

Selain menambah jam kerja, pihaknya juga menyediakan minuman mineral bagi para pemohon, sedangkan proses pembuatannya (SKCK) dengan cara manual dan online.

“Kalau ada masalah tentang pelayanan, silahkan adukan langsung ke saya (Kapolres Muna, red) atau Propam,” timpalnya.

Sementara itu, salah satu warga yang sedang melakukan pengajuan, Linda mengaku puas atas pelayanan yang diberikan Polres Muna.

“Alhamdulillah saya puas atas pelayanannya, semoga ini bisa terus ditingkatkan,” cetus Linda.(a)


Reporter: Erwinsyah SJ

You cannot copy content of this page