oleh

Pengamanan Pilkada, Satpol PP Baubau Beri Pelatihan Satlinmas

-BAUBAU, FEATURED, POLITIK-78 dibaca

BAUBAU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan pelatihan kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai penugasan dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Kepala Satpol PP, Baubau Rahmat Tuta mengatakan, pemberian latihan kepada Satlinmas sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 10 Tahun 2009.

“Karena itu kita adakan pelatihan Satlinmas untuk siap ditempatkan di 254 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh Kota Baubau,” ujar Rahmat usai pelatihan, Rabu (9/5/2018).

Rahmat menuturkan, dua anggota Satlinmas akan ditempatkan di setiap TPS nantinya. Total ada 508 orang anggota Satlinmas yang dibentuk.

BACA JUGA: HUT Satpol PP Ke-68, Pj Gubernur Sultra Minta Masyarakat Hilangkan Stigma Penggusur

“Mereka akan bersinergi dan berada dibawah koordinasi trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan dalam tugas-tugas lapangan nanti,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Satlinmas dibentuk oleh masing-masing Kelurahan. Kemudian, Satlinmas dan pihak Satpol PP akan berkoordinasi bersama pihak Kepolisian dalam tugas pengamanan kelak.

“Pembinaan Satlinmas berada dipihak kami Pol PP. Tugasnya nanti adalah menjaga keamanan didalam area TPS, tentunya mereka juga akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian sebagai penjaga keamanan diluar TPS,” tandasnya.

Rahmat berpesan kepada semua anggota Satlinmas yang sudah diberikan pelatihan agar pelatihan yang mereka (Satlinmas, red) terima menjadi modal awal saat ditempatkan di TPS pada Pilkada nanti.

“Saya membagikan selebaran berisi aturan-aturan agar mereka dapat berjiwa besar dan paham dengan tugasnya nanti,” pintanya.


Reporter: Ardilan
Editor: Kardin

Terkini